Jalan Ambles di Ruas Cikarang Bekasi Laut Diperbaiki

oleh -84.579 views
oleh
Jalan Ambles di Ruas Cikarang Bekasi Laut Diperbaiki

Cikarang | Realitas – Pemerintah Kabupaten Bekasi menurunkan alat berat untuk perbaikan jalan ambles di ruas Cikarang Bekasi Laut (CBL), Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung. Jalan tersebut kerap ambles karena kontur jalan yang tidak stabil dan berada di tepi sungai.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan perbaikan jalan Cikarang Bekasi Laut itu langsung dikerjakan begitu laporan masuk.

“Begitu dapat laporan masyarakat tentang jalan ambles di CBL, kami langsung melakukan perbaikan,” kata Henri di Cikarang, Rabu, 1 Januari 2023, seperti dikutip darialan CBL ambles sepanjang 25 meter. Kerusakan hampir separuh badan jalan itu terjadi sejak pekan lalu dan mengganggu aktivitas masyarakat.

BACA JUGA :   Kemenag: Otoritas Saudi Melarang Keras Pengibaran Spanduk

Pemerintah Kabupaten Bekasi mengerahkan sejumlah alat berat untuk memperbaiki ruas jalan yang ambles. Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi juga memasang bronjong kawat berisi material bebatuan untuk memperkuat pondasi tanggul yang berbatasan dengan sungai.

“Pemerintah daerah juga akan melaksanakan pekerjaan perbaikan jalan di ruas CBL secara bertahap pada tahun ini,” kata Henri.

Camat Cibitung Encun Sunarto mengatakan ruas jalan Cikarang Bekasi Laut memang rawan ambles kendati sudah dipasangi patok beton atau turap di tepi jalan yang berbatasan dengan sungai.

BACA JUGA :   Komunitas Pers Tolak Draf RUU Penyiaran

“Memang konturnya tidak stabil jadi saat ambles akhirnya turap itu ikut bergeser. Alhamdulillah dinas terkait merespon cepat dengan langsung melakukan perbaikan,” katanya.

Jalan longsor di ruas CBL ini kerap dikeluhkan masyarakat karena jalan itu adalah akses utama aktivitas warga Cibitung dan sekitarnya. Encun mengimbau masyarakat agar berhati-hati selama proses perbaikan jalan ambles itu. “Untuk sementara bergantian saat melintasi jalan ambles yang sedang diperbaiki,” ujarnya. (*)

Sumber: tempo