Ricky Beri Kesaksian Tak Lihat Ferdy Sambo Tembak Brigadir J

oleh -131.579 views
Ricky beri kesaksian kasus pembunuhan Brigadir J
Foto Istimewa

Jakarta | Realitas – Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Ricky Rizal, bersumpah bahwa dirinya tidak melihat Ferdy Sambo menembak Yosua dalam peristiwa pembunuhan di Duren Tiga.

“Saya tidak melihat Pak FS menembak Yosua. Sumpah saya, Pak,” kata Ricky ketika menyampaikan kesaksiannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (13/12/2022)

Ricky mengaku hanya melihat Ferdy Sambo menembak ke arah dinding. Ketika ditanya tepatnya ke arah dinding yang mana, ia pun menjawab, “Saya tidak memperhatikan.”

BACA JUGA :  Pengadilan Tinggi Medan Ubah Vonis Mati 'Ratu Narkoba' Aceh

Dalam kesempatan itu, Ricky Rizal juga menegaskan tidak melihat Ferdy Sambo membawa senjata.

Ia juga tidak melihat Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan, sebagaimana kesaksian Richard Eliezer.

“Dari awal juga sudah saya sampaikan di testimoni saya, saya tidak melihat kalau (Ferdy Sambo) pakai sarung tangan,” tuturnya.

Ia mengaku keterangannya di dalam berita acara pemeriksaan (BAP) sempat berubah, semula mengatakan bahwa dirinya melihat Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan hitam, menjadi tidak menggunakan sarung tangan.

Ricky pun menjelaskan bahwa keterangan awal mengenai penggunaan sarung tangan tersebut karena merasa tidak yakin. Ketika menjalani pemeriksaan, banyak penyidik yang menyampaikan bahwa Ferdy Sambo menggunakan sarung tangan.

BACA JUGA :  Bareskrim Polri Bongkar Kasus TPPO Di Sydney

“Karena waktu itu, pas pemeriksaan, banyak penyidik yang menyampaikan kalau Bapak memakai sarung tangan. Saya tidak yakin waktu itu,” ucapnya.

Adapun yang membuat dia yakin dan mengubah BAP-nya ketika melihat rekaman CCTV saat konfrontasi.

“Terus, waktu konfrontasi diperlihatkan CCTV. Baru yakin enggak pakai sarung tangan,” kata Ricky. (ant/*)