Ini Perbedaan Toyota Kijang Innova Zenix dan Innova Hycross

oleh -158.579 views
Toyota Kijang Innova Zenix
Foto: Toyota Kijang Innova Hycross.

Jakarta | Realitas – Menyusul Innova Zenix di Indonesia, Toyota di India akhirnya meluncurkan Innova Hycross. Keduanya memiliki tampang identik. Begitu juga spesifikasiya. Tapi, ternyata ada beberapa pembeda antara Innova Zenix dan Innova Hycross.

Toyota Innova Hycross di India merupakan model pengganti Innova Crysta. Secara tampilan, Hycross tak jauh berbeda dengan Innova Zenix di Indonesia. Auranya kini mirip seperti mobil crossover, dengan desain grille lebih sporty dan desain bodi yang lebih kompak.

Secara spesifikasi juga identik. Baik Innova Zenix maupun Hycross sama-sama ditawarkan dengan pilihan mesin bensin 2.000 cc dan hybrid 2.000 cc. Output tenaganya pun sama, mencapai 186 PS untuk versi hybrid.

Namun, perbedaan antara Innova Hycross dan Zenix terlihat dari fitur-fiturnya. Toyota Innova Hycross di India dibekali beberapa fitur yang tidak ada di Kijang Innova Zenix. Fitur-fitur yang dimaksud antara lain 9 buah speaker JBL termasuk subwoofer, jok berventilasi yang bisa mengembuskan udara dingin di sandaran kursi sehingga menambah kenyamanan saat cuaca panas, tirai di jendela belakang, jok dengan pengaturan elektrik ditambah fungsi memori, serta multizone AC yang memungkinkan suhu diatur berbeda antara kabin depan dan belakang.

Namun, Toyota Kijang Innova Zenix di Indonesia punya fitur yang tidak dimiliki Innova Hycross di India. Di antaranya dashboard camera atau DVR, wireless charger untuk gadget, pintu bagasi dengan fungsi perintah suara, serta layar 10 inchi Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection untuk bangku baris kedua.

Selebihnya masih sama. Toyota Innova Hycross juga dibekali fitur safety Toyota Safety Sense (TSS). Di dalam paket TSS ada fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Trace Assist, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Pre-Collision System, dan Auto High Beam.

Toyota Innova Hycross dibekali mesin hybrid generasi kelima 2.000 cc pada siklus Atkinson, yang bisa menghasilkan daya gabungan hingga 186 PS. Varian non-hybrid akan menggunakan mesin 2.000 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 174 PS dan torsi puncak 197 Nm. Mobil ini hanya tersedia dengan pilihan transmisi otomatis CVT.

Toyota belum mengumumkan harga resmi Innova HyCross buat pasar India. Meski demikian, konsumen di sana sudah bisa melakukan pemsanan mobil sejuta umat tersebut. (*)

 

sumber: detik