Ketua YARA Langsa Desak Pj Walikota Langsa Segera Rotasi Jabatan SKPD

oleh -232.579 views
Ketua YARA Langsa Desak Pj Walikota Langsa Segera Rotasi Jabatan SKPD
Ketua YARA Langsa H A Muthallib, Ibr, SE,.SH,.M.SI,.M.Kn,

 GOOGLE NEWS

Langsa I Realitas – Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Kota Langsa H A Muthallib Ibr, SE,SH,.M.Si,.M.Kn, mendesak Pejabat (Pj) Walikota Langsa, Ir. Said Mahdum, segera melakukan rotasi sejumlah jabatan SKPD jajaran Pemerintah Kota Langsa.

Kebijakan itu dilakukan, mengantisipasi terjadinya stagnasi serta demi efisiensi dan efektivitas birokrasi pemerintahan Kota Langsa.

Demikian dikatakan Ketua YARA Langsa H. Thallib, kepada sejumlah Wartawan diruang kerjanya, Jum’at (21/10), siang.

Menurutnya kebijakan itu dapat dimungkinkan, mengingat kewenangan Pj Walikota Langsa sama dengan definitif, ujarnya.

“Pun demikian mutasi dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Mendagri” kata Dosen Fakultas Hukum Universitas Samudera Langsa tersebut.

BACA JUGA :   Pembangunan Sekolah Di Pulau Siumat Diduga Dikerjakan Dengan Pasir Pantai

Mantan Wakil Ketua PWI Aceh ini juga mengatakan, Pj Walikota Langsa harus bersikap tegas terutama dalam pengambilan keputusan ataupun kebijakan, apalagi menyangkut kelangsungan kinerja aparatur birokrasi pemerintahan dibawah kepemimpinannya, sebut H Thallib.

Pihaknya menilai, untuk saat ini belum ada sebuah terobosan atau langkah nyata dari Pj Walikota Langsa terhadap penyegaran birokrasi pemerintahan.

Hal itu dapat dilihat dimana sejumlah jabatan strategis di lingkungan Pemerintahan Kota Langsa masih kosong dan diisi oleh Pelaksana tugas (Plt)

BACA JUGA :   Santri Terseret Arus Pantai Wisata Trienggadeng

“Seperti jabatan Direktur RSUD, Kabag Umum Sekretariat Pemko Langsa, Camat, hingga saat ini diisi pelaksana tugas atau Plt” tuturnya.

Kondisi ini tentunya berdampak terhadinya rangkap jabatan.

Selain itu juga publik Kota Langsa bertanya tanya, apakah Pemko Langsa kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), ujar H Thallib yang juga Adcokat di Aceh.

“Tentunya, hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut karena kewenangan Plt itu terbatas” ujarnya

H thallib, yang juga merupakan pegiat hukum di Kota Langsa ini mengingatkan, Pejabat Walikota, Bupati atau Gubernur akan dilakukan evaluasi oleh Kemendagri setiap enam bulan.

BACA JUGA :   Kapolres Langsa Laksanakan Jumat Curhat Bersama Mahasiswa

Dan apabila tidak ada langkah nyata terhadap kemajuan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, bukan tidak mungkin serta berpeluang pejabat bersangkutan akan diganti ditengah jalan.

“Tentunya kita tidak menginginkan, hal ini terjadi, ujar nya lagi

Pun demikian pihaknya tetap optimis, Pj Walikota Langsa akan melakukan rotasi pejabat dilingkungan Pemko Langsa, hal ini urgen dilaksanakan dalam upaya penyegaran dan peningkatan kinerja aparatur pemerintahan khususnya, jajaran Pemko Langsa, tutup H Thallib mantan Ketua Panwaslu Aceh Timur. (*)