IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

Sri Lanka Harus Berubah Total

oleh -23.579 views
Sri Lanka Harus Berubah Total
Demonstran mengambil bagian dalam protes anti-pemerintah di luar kantor Perdana Menteri Sri Lanka di Kolombo, Rabu (13/7/2022). (Foto tribun)

 GOOGLE NEWS

Kolombo | Realitas – Sri Lanka yang sedang dilanda krisis ekonomi dan politik harus segera berubah total, khususnya terbentuknya pemerintahan baru yang didukung rakyat.

“Setelah penyerbuan gedung-gedung pemerintah, jelas ada konsensus di negara ini,” kata Jehan Perera, Direktur Eksekutif Dewan Perdamaian Nasional Sri Lanka, sebuah lembaga pemikir pada Rabu (13/7/2022).

Dia menegaskan kepemimpinan pemerintah harus berubah total.

Namun, seiring dengan berlanjutnya ketidakpastian politik, muncul kekhawatiran, para pemimpin tidak akan memenuhi janji untuk mengundurkan diri.

“Apa yang dikatakan orang, jika pemerintah tidak pergi, maka akan ada pertunjukan kekuatan rakyat lagi,” ujarnya, seperti dilansir AP, Rabu (13/7/2022).

“Kali ini mungkin tidak akan begitu damai,” katanya.

Demonstrasi selama berbulan-bulan telah menghancurkan dinasti politik Rajapaksa, yang telah memerintah Sri Lanka selama hampir dua dekade terakhir.

Para pengunjuk rasa menuduh presiden dan kerabatnya menyedot uang dari kas pemerintah selama bertahun-tahun.

Pemerintahan Rajapaksa juga dituduh mempercepat keruntuhan negara dengan salah mengelola ekonomi.

Keluarga Rajapaksa telah membantah tuduhan korupsi, tetapi mengakui beberapa kebijakannya berkontribusi pada kehancuran tersebut.

namun, Rajapaksa telah melarikan diri dari Sri Lanka, seperti yang dilakukan saudaranya.

S Kanugala, dari Asosiasi Pejabat Imigrasi dan Emigrasi Sri Lanka, mengatakan nama mantan Menteri Keuangan, Basil Rajapaksa terlihat dalam daftar keberangkatan dari bandara Kolombo.

Khawatir akan keselamatan mereka jika mengizinkannya pergi, petugas meninggalkan pos mereka, kata Kanugala. (*)

Sumber: tribun