IKLAN YARA

Besok, Masa Jabatan Gubernur Aceh Berakhir

oleh -109.579 views
Besok, Masa Jabatan Gubernur Aceh Berakhir
Foto ist

 GOOGLE NEWS

Banda Aceh | Realitas – Besok 5 Juli 2022 Masa jabatan Gubernur Aceh Nova Iriansyah berakhir, DPR Aceh telah mengusulkan tiga nama penjabat (Pj) untuk menggantikan Nova, Senin (4/7/2022).

Pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah dilantik sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 pada 5 Juli 2017 lalu. Pelantikan dilakukan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat itu Tjahjo Kumolo dalam sidang istimewa yang digelar di Gedung DPR Aceh.

Irwandi-Nova kala itu menjadi pemenang Pilkada serentak 2017 setelah meraup suara terbanyak. Pasangan ini diusung Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Demokrat, PKB, Partai Darul Aceh (PDA) dan PDI Perjuangan.

BACA JUGA :   Lokan Badaruk Aceh Singkil Juara Satu Nominasi Makanan Tradisonal

Setahun menjabat, Irwandi ditangkap KPK. Nova kemudian ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) gubernur Aceh. Dua tahun berselang, Presiden Jokowi menunjuk Nova menjadi gubernur Aceh untuk menggantikan Irwandi.

Nova dilantik sebagai gubernur oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Kamis 5 November 2020 lalu. Proses pelantikan digelar di Gedung DPR Aceh.

Sejak Irwandi ditangkap hingga sekarang atau sekitar empat tahun, Nova seorang diri memimpin Aceh. Tidak ada wakil gubernur.

Menjelang masa kepimpinan Nova berakhir, DPR Aceh mengusulkan tiga nama sebagai Pj gubernur Aceh. Ketiganya adalah Mayjen TNI Achmad Marzuki, Indra Iskandar, dan Safrizal ZA.

Mayjen TNI Achmad Marzuki adalah mantan Pangdam Iskandar Muda (IM). Dia sejak 25 Maret bertugas sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhannas

Sedangkan Indra Iskandar saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI. Terakhir Safrizal ZA merupakan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) di Kemendagri.

BACA JUGA :   Muslim A Gani Advokat : Kami Bersumpah Jika Ketua HMI Langsa di Polisikan Kami Akan Intervensi"

Hingga H-1 masa jabatan Nova berakhir, belum ada bocoran sosok yang akan menjadi Pj gubernur Aceh. Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA mengaku belum mendapat informasi terkait pejabat yang ditunjuk Mendagri menjadi Pj gubernur.

“Belum (tahu),” kata MTA singkat saat dimintai konfirmasi detikSumut.

detikSumut juga berupaya mengkonfirmasi terkait Pj gubernur Aceh ke Kapuspen Kemendagri Benni Irwan. Namun hingga berita ini ditulis belum ada jawabannya. (*)

Sumber: detik