IKLAN YARA

UDD PMI Dan Suzuya Mall Langsa Peringati Hari Donor Darah Sedunia

oleh -70.579 views
UDD PMI Dan Suzuya Mall Langsa Peringati Hari Donor Darah Sedunia
Penulis: Bunga
Editor: Rostani

 GOOGLE NEWS

Langsa | Realitas – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa, melalui Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Langsa dengan menggandeng Suzuya Mall Langsa peringati Hari Donor Darah Sedunia, di Halaman Suzuya Mall Langsa, Kamis (30/06/2022).

UDD PMI Kota Langsa berhasil mengumpulkan sebanyak 145 kantong darah juga acara tersebut dikemas dengan menyantuni 40 anak-anak Thalassemia.

Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Pemko Langsa, dr Herman, saat membuka secara resmi acara Donor Darah Sedunia menyatakan bahwa Pemko Langsa sangat mengapresiasi kegiatan dimaksud.

Kepada anak-anak Thelesamenia tetap semangat, Thalasemia adalah kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal.

“Begitulah keterbutuhan darah yang harus tetap ada bagi penderita thalasemia, bagaimanapun donor darah adalah yang terbaik,” ucap Herman.

Sementara itu Ketua Bidang PSDM PMI Provinsi Aceh, Asrizal H Asnawi, sangat apresiasi para pendonor, makanya hari donor darah sedunia ini dilaksanakan.

“Dipastikan dan Insya Allah tahun 2023 akan diadakan pengadaan alat Refrigerated Centrifuge dan Platelet Agigator melalui saya yang akan diproses di Provinsi Aceh,” janji Asrizal yang juga Anggota DPRA itu.

BACA JUGA :   Pemkab Aceh Barat Berkolaborasi Dengan DPRA Gelar Festival Maulid Akbar

Lebih lanjut, ada beberapa manfaat donor darah seperti deteksi penyakit, seperti Hepatitis dan lainnya, menumbuhkan sel darah putih, panjang umur atau awet muda.

“Setetes darah sangat berarti bagi banyak orang, selain pendonor dan juga yang menerima donor selalu diberikan kesehatan,” ujar Asrizal besutan Partai PAN itu.

Sedangkan, Ketua PMI Kota Langsa, Ir Sayid Abdurrahman MM, diwakili oleh Wakil Ketua PMI Kota Langsa, Ir T Iskandar Mirza M.Si, mengatakan tentunya jangan habis dana Otsus belum ada alat komponen darah untuk PMI Kota Langsa dan berharap respon Provinsi maupun pemerintah daerah.

“Kami dari pengurus minta mensupportnya agar disiapkan alat tersebut dalam bentuk hibah,” terangnya.

Hal senada diutarakan Kepala UDD PMI Kota Langsa, dr Mawar Afrida M.Ked (Clin-Path) Sp.PK, mengatakan sebagai peringatan hari donor darah sedunia yang seyogianya dilaksanakan pada 14 Juni 2022, namun sedikit digeser karena berbagai persiapan.

BACA JUGA :   Inflasi Banda Aceh Semakin Naik, Komitmen Mendagri Copot Pj Kepala Daerah Ditagih

Adapu tujuan dan sasaran dilaksanakan Hari Donor Darah Sedunia adalah dimana masyarakat mau berpartisipasi dalam mendonorkan darahnya.

“Kita di Langsa ini keterbutuhan kantong darah setiap bulannya mencapai 500 hingga 600 kantong darah, meskipun saat ini hanya tercapai sekitar 400 kantong darah,” kata dr Mawar.

Pun demikian, UDD PMI Kota Langsa selalu mengajak masyarakat luas untuk mendonorkan darahnya secara rutin tiga bulan sekali agar stock darah tercukupi.

Sejauh ini darah disalurkan keberbagai RSUD baik Aceh Timur Kota Langsa, Aceh Tamiang bahkan Aceh Utara.

“Terimakasih kepada semua rekan-rekan PMI dan Suzuya mall yang telah menyediakan tempat maupun berbagai paket sauvenir,” terang Mawar.

Ditambahkan dr Mawar, saat ini UDD PMI Kota Langsa sangat membutuhkan alat Refrigerated Centrifuge dan Platelet Agigator yang kini belum dimiliki pihaknya.

Dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia mengusung tema ‘Mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas bergabunglah dan selamatkan nyawa’.

Dalam kesempatan tersebut para pendonor diberikan pakat sauvenir dari UDD PMI Kota Langsa dan juga paket sauvenir dari Suzuya Mall Langsa berupa 100 hadiah doorprize menarik serta santunan 40 orang anak Thalesemia, juga snack dan juga hadiah menarik lainnya.

BACA JUGA :   Media Dan Wartawan Harus Jadi Garda Terdepan Menangkal Hoax

Asisten Manager Building, Suzuya Mall Langsa, Hardiansyah, mengatakan dengan adanya pelaksaan donor darah sedunia ini mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang dan pihaknya akan terus memberikan support.

“Kedepan kita juga akan terus agenda kegiatan serupa dengan menggandeng UDD PMI Kota Langsa bahkan kita siap untuk berbagai event besar lainnya,” ujarnya.

Kata Hardiansyah, pihaknya telah menyiapkan berbagai bingkisan khusus untuk para anak-anak Thalasemia dan ini merupakan bentuk kepedulian pihak Suzuya Mall Langsa.

“Semoga apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi adik-adik kita yang penderita Thalasemia dan terimakasih buat UDD PMI Kota Langsa,” tandasnya.

Hadir Kadinkes Kota Langsa, dr M Akbar, Warek III Bidang Kemahasiswaan, Universitas Samudera Langsa, M Zulfri, pihak Suzuya Joel MCI, Sekretaris Zakirullah Syafei S.Kep, M.Biomed, Bendahara, Ngatiman SPd, Wakil Ketua PMI, Putra Zulfirman dan undangan lainnya. (*)