IKLAN YARA

Kesbangpol Pekanbaru Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024

oleh -18.579 views
Kesbangpol Pekanbaru Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024
Kesbangpol Pekanbaru Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024
Penulis: Mirza
Editor: Sumardi

Pekanbaru | Realitas – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kota Pekanbaru pada Sabtu 25 Juni 2022 melaksanakan sosialisasi pendidikan etika dan budaya politik kepada para tokoh masyarakat dilingkungan Kecamatan dan Kelurahan di Kota Pekanbaru.

Hal ini bertujuan untuk mensukseskan agenda Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun 2024 nantinya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintah, Politik, dan Hukum Setda kota Pekanbaru Helda Suryani Munir yang didampingi langsung oleh Kaban Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian AP, M.Si, para narasumber dari KPU, Bawaslu, dan pakar politik.

Staf Ahli Bidang Pemerintah, Politik, dan Hukum Setda kota Pekanbaru Helda Suryani Munir mengatakan bahwa sosialisasi ini memiliki arti sangat penting keberlangsungan sistem politik yang demokrasi dalam membangun suatu daerah khususnya mampu merealisasikan visi misi kota Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani.

BACA JUGA :   Kemenkumham Berikan Remisi Kepada Ratusan WBP di Indonesia

“Tentu dengan kegiatan sosialisasi ini dapat menciptakan masyarakat dengan peradaban maju, modern, serta memiliki kesadaran sosial menuju sistem politik demokrasi yang ditopang dengan supremasi hukum yang kuat,” jelas Helda.

Terkait pelaksanaan politik demokratis, Helda juga menjelaskan hal itu tertuang dalam Pasal Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 yang mengamanatkan tahapan pemilihan umum dilaksanakan secara efektif dan efisien yang berlandaskan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Hal ini tentunya dapat terlaksana apabila seluruh komponen bangsa saling bahu membahu, dalam hal ini peran serta tokoh masyarakat yang hadir dalam sosialisasi kegiatan ini,” ujar Helda.

“Untuk itu, harapan kita sosialisasi ini dapat mewujudkan kesamaan persepsi serta sinergitas yang kuat, berkesinambungan antar pemangku kepentingan,” tutupnya.

Dalam penjelasannya, Kaban Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian AP, M.Si mengatakan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari arahan pemerintah pusat kepada seluruh Kepala Daerah se Indonesia agar dapat memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu di tahun 2024.

“Dalam arahan pemerintah pusat menetapkan target untuk Pemilu dan Pilkada di tahun 2024 harus terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Atas nama Penjabat Wali Kota Pekanbaru, maka Kesbangpol siap mensukseskan pemilu tahapan demi tahapan melalui sosialisasi yang kita laksanakan saat ini,” jelas Zulfahmi sembari mengatakan tahapan pemilu sudah ditetapkan pada tanggal 14 Juni 2022 lalu.

BACA JUGA :   Jokowi Anugrahi Tanda Kehormatan Kepad Dua Pegawai PT BA

Ia juga menjelaskan, tujuan kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk upaya penyiapan masyarakat untuk mendukung seluruh tahapan pemilu tahun 2024.

“Untuk tahap awal kita mengundang para tokoh masyarakat di lima kecamatan di kota Pekanbaru yakni Kecamatan Tuah Madani, Kecamatan Bina Widya, Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Bukit Raya, dan Kecamatan Payung Sekaki.

Dan nanti kita akan lakukan sosialisasi serupa di Kecamatan berikutnya, kami akan terus konsen hingga penyelenggaraan Pemilu nantinya di tahun 2024,” tutup Zulfahmi. (*)