Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, Gimana Farmasi Yang Ditinggalkan?

oleh -155.579 views
Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, Gimana Farmasi Yang Ditinggalkan?
Foto Istimewa

Jakarta | Realitas – Ratusan Pegawai Negeri Sipil Banyak yang mengundurkan diri, data Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan ada sekitar 100 orang CPNS mengundurkan diri dari total 112.513 yang lolos seleksi dan memulai tahap penetapan.

Lalu bagaimana nasib dari formasi yang ditinggalkan CPNS yang mengundurkan diri ini?

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama BKN Satya Pratama menyatakan formasi yang ditinggalkan ini tidak akan bisa diisi kembali.

Formasi itu baru bisa diisi bila instansi yang bersangkutan mengusulkan kembali seleksi calon aparatur sipil negara (CASN). Baik dalam bentuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun CPNS.

BACA JUGA :   Prediksi Rio Ave vs Arouca, 20 April 2024

“Jadi kalau tidak terisi, maka kosong. Kalau mau diisi akan diusulkan kembali di seleksi CASN, khususnya CPNS, di kesempatan berikutnya,” ungkap Satya kepada detikcom, Jumat (27/5/2022).

Posisi ini tidak bisa digantikan karena dalam prosesĀ  CPNS yang mengundurkan diri ini pada dasarnya sudah ditetapkan, bahkan sudah disiapkan Nomor Identitas Kepegawaian (NIP).

BACA JUGA :   ASN Akan Dapat 1 Unit Apartemen Di IKN, Kecuali Yang Jomlo

“Masalahnya mereka ini mengundurkan diri setelah mereka ditetapkan sebagai yang lulus dan mau mendapatkan NIP,” kata Satya.

Satya bilang ada potensi posisi yang ditinggalkan oleh CPNS yang mengundurkan diri ini bisa digantikan pegawai PPPK. Hanya saja hal itu tergantung dari Analisa Jabatan dan Beban Kerja (Anjab dan ABK) masing-masing instansi.

“Kalau apakah bisa langsung diganti PPPK, itu tergantung dari Anjab dan ABK yang dibuat masing-masing instansi,” pungkas Satya. (*)

Sumber : detik