Semaraknya Masyarakat Gampong Sungai Pauh Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

oleh -195.579 views
Semaraknya Masyarakat Gampong Sungai Pauh Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Langsa I Realitas Maulid Nabi Muhammad atau maulud nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad saw, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan maulid nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad saw wafat. Secara substansi, peringatan ini adalah ekspresi rasa penghormatan kepada nabi umat Islam yaitu Nabi Muhammad saw.

Kata maulid di  daerah Aceh disebut dengan khanduri molod, arti khanduri molod adalah melahirkan nilai positif, yaitu sebagai ajang memperkuat silaturahim antar desa(gampong), salah satunya Gampong Sungai Pauh Dusun BTN.

Khanduri Molod juga sudah menjadi tradisi  dalam masyarakat Aceh. Bahkan yang terbesar bila dibandingkan dengan tradisi-tradisi lain di Aceh. Kenapa dikatakan tradisi terbesar? Karena tidak ada desa (Gampong) yang tidak merayakannya meskipun dalam skala kecil.

Semaraknya Masyarakat Gampong Sungai Pauh Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

“Masyarakat aceh biasanya memperingati khanduri molod di masjid dan juga di meunasah/mushallah, dan tak lupa pula masyarakatnya membawa nasi kotak dan bu kulah, secara khusus bu kulah merupakan paduan rempah-rempah seperti cengkeh, kapulaga dan aneka rempah lainnya,”

Dalam hal ini tepatnya pada tanggal 11 Desember 2021 masyarakat Gampong Sungai Pauh Dusun BTN melakukan kegiatan gotong royong di halaman atau lingkungan mushalla AL- HIDAYAH BTN Sungai Pauh, dalam rangka mempersiapkan peringatan maulid nabi Muhammad SAW, tahun 1443 Hijriyah. Yang akan di adakan pada Minggu, 12 Desember 2021.

Tak lupa pula saya Ida Khairani, selaku Mahasiswi Program KPM turut berpartisipasi untuk melakukan gotong royong bersama masyarakat Gampong Sungai Pauh Dusun BTN, di mushallah AL-HIDAYAH.

Di samping semaraknya masyarakat Gampong Sungai Pauh Dusun BTN memperingati maulid nabi, tidak lupa mengundang desa tetangga sebagai bentuk silaturrahim antara satu gampong dengan gampong lainnya dan juga santunan anak yatim. Kemudian di rumah-rumah masyarakat mengundang sanak famili, tetangga dan kerabatnya untuk berkenan hadir dan menyantap sedikit hidangan dari tuan rumah.

Tepat pada Minggu, 12 Desember 2021 tidak lupa pula masyarakat Gampong Sungai Pauh Dusun BTN datang berbondong-bondong mengantarkan lauk pauk ke mushalla AL- HIDAYAH  yang telah mereka masak di rumah masing –masing.

Semaraknya Masyarakat Gampong Sungai Pauh Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Ada yang membawa nasi kota dan ada juga yang membawa bu kulah. Dan Sebagian juga masyarakat berbodong – bondong datang ke mushalla untuk menantikan nasi kotak yang akan dibagikan oleh panitia.

Semaraknya maulid Nabi Muhammad SAW Gampong Sungai Pauh Dusun BTN di mushallah AL- HIDAYAH BTN Sungai Pauh Permai ini di isi dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustad Naufal Abdul Hamid dari Dusun BTN, dan ceramah dari Ustad Tasman,S.pd.I.MPd dari Gampong Sukerjo Kecamatan Langsa timur.

Dan dalam momen ini juga, Imum Dusun BTN bersama kepala dusun BTN dan tokoh Masyarakat mengadakan penyerahan santunan berupa uang saku kepada anak – anak yatimd dan piatu.

Penulis: Ida Khairani ( Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Langsa)
Editor : Amanda Bunga