IKLAN YARA

Setelah Viral Jalan Santai, Harimau di Aceh Dievakuasi ke Gunung Leuser

oleh -25.489 views
Setelah Viral Jalan Santai, Harimau di Aceh Dievakuasi ke Gunung Leuser
UPDATE CORONA

Aceh Selatan I Realitas – Setelah viral berjalan santai di samping warga, seekor Harimau Sumatera di Aceh Selatan dievakuasi ke Taman Nasional Gunung Leuser.

Harimau tidak merasa terusik dengan kehadiran manusia yang ada di dekatnya sebagaimana rekaman video yang beredar dan sempat menjadi viral,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Harimau itu dilepas ke hutan pada Rabu (17/11). Harimau itu diperkirakan berusia 1,5-2 tahun. Agus mengatakan harimau dievakuasi dari Aceh Selatan pada 10 November setelah masuk perangkap yang dipasang petugas.

BACA JUGA :   Open Turnamen Camat CUP Ke-1, Laga Pembuka Tim Polres Simeulue

Agus menjelaskan, harimau tersebut diberi nama Putroe Kapho. Putroe berarti putri dan Kapho diambil dari nama Desa Gunung Kapho, tempat satwa itu berkeliaran.

“Sebelum dievakuasi, Putroe Kapho sering terlihat di beberapa desa, antara lain Desa Seulekat, Desa Simpang, Desa Krueng Batee, Desa Gunung Kapho, dan terakhir di Desa Panton Bili,” jelas Agus.

Agus mengatakan harimau itu sempat diobservasi dan diperiksa secara medis di CRU Trumon, Aceh Jaya. Hasilnya, harimau itu dinyatakan sehat.

BACA JUGA :   Dugaan Korupsi Dana BUMG Gampong Jawa: Nurhayati Laporkan Kejaksaan Langsa Juga Akan Laporkan ke Kajati Aceh

“Hasil pemeriksaan darah rutin dan kimia darah menunjukkan kondisi harimau Sumatera tersebut dalam kondisi normal dan sehat, hal ini juga terlihat dari hasil uji COVID-19 serta CDV menunjukkan hasil negatif,” ujar Agus.

“Setelah melalui proses observasi dan pemeriksaan medis lengkap serta kajian kelayakan lokasi pelepasliaran, Putroe Kapho akhirnya dilepasliarkan kembali ke habitatnya, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser. Pada proses pelepasliaran, Putroe Kapho terlihat sangat bersemangat menyusuri kawasan Taman Nasional Gunung Leuser,” lanjut Agus.

Sebelumnya, video memperlihatkan warga ramai-ramai merekam seekor harimau dengan menggunakan handphone viral di media sosial. Warga merekam kemunculan satwa itu dari jarak dekat.

BACA JUGA :   KOPRI PMII Langsa Gelar SIG Se-Aceh

Dalam video dilihat detikcom, Kamis (21/10), warga berdiri tak jauh dari lokasi keberadaan harimau di jalan di area perkebunan. Seorang warga tampak berjalan mendekat ke arah harimau.

Warga lain tidak beranjak. Tak berapa lama berselang, harimau berjalan masuk ke area kebun. Sejumlah warga tersebut membiarkan satwa dilindungi itu meninggalkan mereka. (dtc/red)