IKLAN YARA

Harimau Sumatera Berkeliaran Sekitar Pemukiman Warga di Aceh Selatan

oleh -27.489 views
Harimau Sumatera Berkeliaran Sekitar Pemukiman Warga di Aceh Selatan
Harimau Sumatera Berkeliaran Sekitar Pemukiman Warga di Aceh Selatan
UPDATE CORONA

Aceh Selatan I Realitas – Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) muncul di kawasan permukiman warga Desa Panton Bili, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (7/11/2021) sore.

Penampakan 3 ekor harimau Sumatera itu sempat direkam oleh warga yang sedang melintas di kawasan tersebut.

Video penampakan harimau tersebut kini sudah beredar luas di Grup WhatsApp.

Menurut info yang diterima, pada Minggu malam, masyarakat Panton Bili melakukan ronda malam untuk berjaga-jaga dari ancaman satwa yang dilindungi tersebut.

BACA JUGA :   4 Polisi Diperiksa Terkait Penganiayaan yang Tewaskan Warga di Aceh

Kepala Seksi Wilayah II Subulussalam BKSDA Aceh Hadi Sofyan yang dikonfirmasi oleh awak media pada hari Minggu (7/11/2021) malam, membenarkan informasi tersebut.

Ditanyai berapa ekor jumlah Harimau yang berkeliaran di kawasan pemukiman penduduk itu, Hadi Sofyan juga membenarkan jumlahnya tiga ekor.

“3 ekor, induk dan 2 anaknya,” jelas Kepala Seksi Wilayah II Subulussalam BKSDA Aceh.

Harimau Sumatera dilaporkan juga turun ke kawasan perkebunan dan memangsa ternak warga Kabupaten Aceh Selatan.

Sebanyak 4 ekor kambing ternak warga ditemukan mati dimangsa harimau di kawasan perkebunan Desa Krueng Batee, Trumon Tengah, Sabtu (30/10/2021) pagi.

Menanggapi informasi tersebut, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh langsung menerjunkan tim untuk menghalau satwa dilindungi tersebut. 

“Sebelumnya, kami menerima informasi ada harimau masuk perkebunan warga. Informasi tersebut kami respons dengan langsung menurunkan tim ke lokasi. Tim masih di lokasi untuk pengusiran,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam BKSDA Aceh Hadi Sofyan, Senin (8/11/2021).

BACA JUGA :   Dedi Sahputra Terima Aduan Masyarakat Ada Perusahaan Perkebunan Sawit Rambah Hutan Lindung Kota Langsa

Menurutnya, tim juga memasang kamera pemantau guna mengetahui keberadaan harimau tersebut. Selain itu juga diupayakan penangkapan untuk merelokasi agar harimau tersebut tidak lagi berkeliaran di perkebunan warga. (*)