IKLAN YARA

Kecamatan Limapuluh Pekanbaru Gesa Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

oleh -20.489 views
Kecamatan Limapuluh Pekanbaru Gesa Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Untuk mempercepat pencapaian kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi Covid-19 di kota Pekanbaru, Kecamatan Limapuluh melaksanakan pemberian vaksinasi kepada masyarakat yang dikhususkan bagi usia lanjut.

Dalam penjelasan yang disampaikan Camat Limapuluh kota Pekanbaru melalui Sekretaris Camat (Sekcam) Ilham Pratama S.STP mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia (lansia) 60 tahun keatas telah dilaksanakan mulai dari hari Minggu tanggal 31 Oktober dan akan selesai pada hari Jum’at 05 November nanti.

“Pemberian vaksinasi kita awali selama dua hari di Kantor Kecamatan, alhamdulillah terlihat antusias warga lansia yang telah sebanyak lebih kurang 55 orang.

Untuk di hari Selasa kemarin kita juga telah melayani vaksinasi warga lansia di Kelurahan Pesisir sebanyak 26 orang. Dan di hari ini dilaksanakan di Kelurahan Sekip, namun untuk datanya masih dalam rekapan pihak puskesmas,” ujar Sekcam Ilham.

BACA JUGA :   Viral Anggota TNI Usir Ibu Mertua dari Rumah Dinas

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah warga yang ingin mendapatkan Vaksin, Sekcam Ilham juga telah berkoordinasi langsung dengan pihak Puskesmas agar nantinya dapat melayani masyarakat umum.

“Bagi warga umum lainnya tetap akan dilayani, tetapi kita tetap fokus untuk memprioritaskan pemberian vaksin kepada lansia.

Karena sesuai arahan dari Walikota Pekanbaru Dr. Firdaus ST, MT percepatan vaksinasi bagi masyarakat lansia, karena hal ini dapat menurunkan tingkatan level II ke level I dalam penanganan penyebaran Covid-19 di kota Pekanbaru dengan melakukan vaksinasi secara merata,” sebut Sekcam Ilham.

Dalam hal memberikan pemahaman tentang pentingnya Vaksin bagi masyarakat khususnya lansia, Sekcam Ilham menjelaskan bahwa selama ini telah mengarahkan kepada seluruh Lurah-Lurah untuk dapat mensosialisasikan langsung kepada warga melalui peran serta Ketua RT dan RW.

BACA JUGA :   Kebun Binatang Ragunan Akan Ditutup Sementara Pada 24 Desember

“Dari laporan kita terima, para Lurah beserta perangkatnya telah menyambangi warga dengan cara door to door untuk mengajak para lansia agar untuk dapat diberikan vaksin,” ujarnya.

“Namun apabila terjadi kendala jarak warga untuk pergi ke lokasi Vaksin, maka kita berupaya akan menjemput dan mengantarkan langsung ke sasaran lokasi tersebut,” tutup Sekcam.

Sementara itu, Kepala Puskesmas (Kapus) Kecamatan Limapuluh drg. Meri Delfitri mengatakan bahwa vaksin yang diberikan kepada para lansia berjenis Pfizer dan Sinovac.

“Dan selanjutnya, untuk mendapatkan vaksinasi tahap II akan kita arahkan langsung masyarakat ke Puskesmas Limapuluh yang beralamatkan di Jalan Sumber Sari,” jelas Kapus seraya menyebutkan syarat mendapatkan vaksin hanya membawa KTP dan KK.

BACA JUGA :   Profil Heru Hidayat, Koruptor Dana PT ASABRI yang Dituntut Pidana Mati

Selama pelaksanaan vaksinasi, Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dan berharap agar tetap semangat dalam mendapatkan vaksin.

“Dengan upaya memberikan vaksin secara merata kepada seluruh masyarakat, kita tentunya berharap kota Pekanbaru masuk di level I penanganan penyebaran wabah Covid-19,” tutup drg. Meri Delfitri.

Kegiatan vaksinasi lansia dilaksanakan di halaman Parkir Emerald Hotel yang dihadiri oleh Sekretaris Camat Limapuluh Ilham Pratama S.STP, Kepala Puskesmas Kecamatan Limapuluh drg. Meri Delfitri, Lurah Sekip Edwar Brata, babinsa dan babinkamtibmas. *(mirza)