IKLAN YARA

Kebakaran Pelabuhan Tegal Hanguskan 15 Kapal Warga

oleh -33.489 views
Kebakaran Pelabuhan Tegal Hanguskan 15 Kapal Warga
Kebakaran Pelabuhan Tegal Hanguskan 15 Kapal Warga
UPDATE CORONA

Tegal I Realitas – Kebakaran terjadi di kompleks Pelabuhan Kota Tegal, Jawa Tengah, Rabu (17/11) dini hari. Belasan kapal yang berada di kolam perbaikan (dok) kompleks pelabuhan ludes terbakar.

“Kebakaran terjadi sejak dini hari dan hingga saat ini api belum bisa dipadamkan. Petugas dan kendaraan kebakaran sulit menjangkau lokasi kebakaran karena kapal saling berhimpitan di kolam,” kata Kapolres Tegal AKBP Rahmad Hidayat saat memantau di lokasi kejadian pagi tadi.

Sedikitnya 10 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas juga mengamankan sekitar lokasi kebakaran karena lokasinya sangat dekat dengan permukiman penduduk yang cukup padat.

BACA JUGA :   Banjir Terjang Wilayah Tegal, 12.518 Jiwa dan Ribuan Rumah Terdampak

Ahmad menuturkan kapal-kapal yang terbakar sebagian besar sedang dalam antrean perbaikan. 

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang menghebohkan itu. Peristiwa bermula saat sejumlah pengurus kapal tengah beristirahat.

Tiba-tiba, mereka melihat adanya kepulan asap dari salah satu kapal. Melihat itu, pengurus kapal mengajak rekan-rekannya melakukan pengecekan.

Benar saja, saat dicek, api sudah membesar dan dengan cepat merambat ke kapal lainnya yang berdekatan.

“Tadinya lagi duduk di atas kapal. Tiba-tiba ada kepalanya asap dan setelah dicek api sudah membesar,” kata salah seorang pengurus kapal, Toha yang berada di lokasi kejadian.

Selanjutnya, mereka berlari untuk menyelamatkan diri. Sebagian lainnya melaporkan kejadian itu ke petugas pemadam kebakaran.

Sementara itu salah satu pemilik kapal yang ikut terbakar, H Riswanto, memperkirakan kapal yang terbakar di lokasi itu mencapai 15 unit.

BACA JUGA :   Banjir Terjang Wilayah Tegal, 12.518 Jiwa dan Ribuan Rumah Terdampak

“Kerugian kalau rata-rata Rp3 miliar per kapal, tinggal kali 15 kapal jadi Rp 45 miliar. Dari 15 kapal yang terbakar pemiliknya semua warga Kota Tegal,” kata Riswanto.

Riswanto berharap nantinya bersama unsur maritim untuk mengantisipasi agar kejadian kebakaran seperti hari ini tidak terulang kembali dikemudikan hari.

“Sebagian besar yang terbakar ini memang sedang antre perbaikan. Tapi ada juga yang sedang persiapan melaut,” ujarnya. (*)

Source: CNN