IKLAN YARA

MS Lhoksukon Gelar Sidang Itsbat Nikah Sukses 22 Perkara Disidangkan

oleh -16.489 views
MS Lhoksukon Gelar Sidang Itsbat Nikah Sukses 22 Perkara Disidangkan
UPDATE CORONA

Lhoksukon I Realitas – Sidang Terpadu Itsbat Nikah sukses digelar dan diselenggarakan Mahkamah Syar’iyah (MS) Lhoksukon bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Utara serta Kementrian Agama Kabupaten Aceh Utara, yang di-inisiasi oleh Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon.

Sidang yang bertempat di Aula Kantor Urusan Agama Kecamatan Seunuddon, pada hari Kamis 28 dan 29 Oktober 2021 berjalan dengan tertib. Sebanyak 22 perkara disidangkan oleh Tim Hakim Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Utara, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Utara.

BACA JUGA :   M Nasir Djamil Anggota Komisi III DPR RI : Minta Polda Aceh Tangkap Pelaku Pembakaran Mobil Ketua YARA Langsa

Ketua Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini khususnya Tim Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon yang turun langsung untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Karena sidang Isbat yang dilaksanakan ini untuk membantu masyarakat yang sudah menikah tapi belum memiliki Akta Nikah dan Akta kelahiran anak, sehingga kepemilikan status hukum perkawinan dan kependudukan bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Utara akan tercatat dalam dokumen negara.

BACA JUGA :   Kapolda Ajak Masyarakat Bantu Tingkatkan Capaian Vaksinasi di Aceh

Dengan adanya Sidang Terpadu di Kabupaten Aceh Utara, maka secara langsung dapat memangkas biaya dan waktu bagi para pihak karena Tim Hakim dan Kepaniteraan Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon langsung datang ke lokasi, ke tengah masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Mahkamah Syar’iyah Lhoksukon.

Selanjutnya dalam sambutan Sayyed Sofyan, S.H.I, M.H., menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang membantu terwujudnya pelayanan terpadu ini.

Istilah pelayanan terpadu karena setelah dilakukan itsbat nikah oleh Hakim Tunggal yang selanjutnya penetapan tersebut dapat langsung diserahkan kepada pihak untuk nanti dibuatkan buku nikah oleh KUA masing-masing kecamatan di bawah naungan Kementerian Agama, dan dibuatkan kartu keluarga dan akta kelahiran anak oleh Dinas kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh Utara. (Rizal)