IKLAN YARA

Kondisi Tukul, Dorce dan Oddie Agam yang Sama-sama Kritis di ICU

oleh -8.489 views
Kondisi Tukul, Dorce dan Oddie Agam yang Sama-sama Kritis di ICU
Kondisi Tukul, Dorce dan Oddie Agam yang Sama-sama Kritis di ICU
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Sederet artis tanah air kondisi kesehatannya dikabarkan kurang baik. Tukul Arwana, Dorce Gamalama dan Oddie Agam dilarikan ke Rumah Sakit. Ketiganya, mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius sehingga harus dirawat di ICU.

Tukul Arwana mengalami stroke dan sempat dirawat di ICU. Ia mengalami pendarahan otak dan harus operasi.

Bapak tiga anak itu dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) pada Rabu (22/9/2021) sore.

Tukul kemudian menjalani tindakan operasi pada malam harinya.

Demikian dengan Dorce Gamalama. Ia mengalami penurunan kesadaran hingga menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit, di Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (8/10/2021).

Dorce dibawa ke UGD dan dipindahkan ke ICU.

Oddie Agam pun dikabarkan kritis. Kondisi kesehatan penyanyi sekaligus musisi legendaris Oddie Agam drop.

Ia dilarikan dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2021).

“Iya (dilarikan ke rumah sakit), saya mendoakan kesembuhan abang kita, Oddie Agam, yang sekarang kritis,” kata Humas Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), Evry Joe.

Kondisi Terkini Lantas, bagaimana kondisi terkini Dorce, Tukul dan Oddie Agam? 

Dorce Gamalama

Dorce Semakin Membaik, Sudah Bisa Diajak Bicara Kondisi kesehatan artis Dorce Gamalama mulai membaik, dia dipastikan sudah dapat diajak komunikasi setelah sempat kesadarannya menurun.

Putri Bunda Dorce, Siti Khadijah mengatakan, mamahnya kini sudah jauh membaik dan meminta agar didoakan lekas sembuh.

“Alhamdulillah keadaan mama udah jauh membaik. Mohon doanya selalu ya untuk kesembuhan mama,” kata Siti Khadijah saat dikonfirmasi, Minggu (10/10/2021).

Sementara itu, sahabat Dorce, Hetti Soenjaya mengatakan, Bunda Dorce kini sudah bisa diajak bicara dan kebugarannya perlahan membaik sehingga akan dipindah ke ruang rawat inap.

“Udah lebih baik dan ada berita dari keluarganya sudah bisa komunikasi, semoga cepat pindah ke ruang rawat ya,” ungkapnya.

Dia meminta kepada siapapun, mendoakan kesembuhan Dorce. Agar dia cepat kembali ke kondisi kesehatan yang prima.

“Alhamdulillah sudah membaik dan kami meminta doanya agar cepat sembuh, bisa sehat lagi,” paparnya.

Manager Tukul Arwana, Rizki Kimon, membagikan kondisi terkini sang komedian. Rizki menegaskan nantinya pihak Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) akan memberikan keterangan langsung.

Tukul Sudah Bisa Bercanda, Kabarnya Boleh Dibawa Pulang Bagaimana dengan Tukul Arwana, Rizki Kimon sang manajer kembali mengabarkan kondisi perkembangan sang artis, Tukul Arwana yang telah melakukan perawatan selama 15 hari di RS.

Kimon menyebut jika kondisi kesehatan Tukul Arwana dari hari ke hari kian membaik.

Pelawak yang identik dengan rambut cepak itu sudah bisa merespon melalui gerakan tubuh.

Perkembangan lainnya yang begitu signifikan ketika pemilik nama lahir Tukul Riyanto itu sudah bisa merespon candaan dengan tawa. Perkembangannya itu juga terlihat saat putrinya, Novita Eka Afriana mengajak sang ayah bergurau.

“Diledekin sama putrinya, Mbak Vita terus kalau bahasa Jawa (Tukul) sudah bisa mengekek, terbahak mungkin ya (bahasa Indonesianya),” ujar Rizki Kimon.

Hingga kini Tukul Arwana masih dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON). Setelah dokter melakukan tindakan operasi, mereka memberikan penjelasan terkait kondisi kesehatan presenter acara Tukul Arwana One Man Show itu

Dokter Arief Rahman Kemal menyebut kondisi Tukul sudah mulai responsif dan stabil.

Dikatakan, tekanan darah Tukul itu kini mulai terkontrol.

Rizki Kimon mengatakan bahwa presenter ‘One Man Show’ itu sudah ditempatkan di ruang rawat inap dan menjalankan fisioterapi 2 kali satu hari.

“Untuk saat ini sudah pindah ke ruang rawat VVIP, terus untuk fisioterapi sudah diberlakukan di ruang VVIP itu sehari dua kali untuk gerakan, terus untuk bicara itu sehari satu kali,” tutur Kimon saat dihubungi via sambungan telepon baru-baru ini.

Dengan kondisinya yang semakin membaik, pelawak kelahiran 16 Oktober 1963 itu diizinkan pulang minggu ini dari RS PON.

Dokter juga menyarankan agar Tukul tidak terlalu lama berada di RS PON jika kondisinya memang sudah membaik.

“Memang kondisinya membaik, insya Allah minggu depan sudah diperbolehkan pulang. Jadi, memang dokter menyarankan tidak boleh terlalu lama di rumah sakit,” papar Kimon.

Penjelasan Dokter Tentang Kondisi Oddie Agam

GREAT COMPOSER - Oddie Agam, pada acara peluncuran album

Awak media masih mendengar kabar terakhir jika kondisi Oddie kian menurun hingga dibantu alat pernafasan, sebab ia kini tidak sadarkan diri.

Dokter yang merawatnya menyebut jika kini Oddie sudah dalam penanganan medis.

“Memang kondisi beliau saat ini masih memakai alat bantu napas, dan memang sudah ada tim yang menangani beliau secara spesifik,” kata Koordinator Hukormas RSUP Persahabatan Agung Heri Wahyudi di kesempatan yang sama.

Almafilia istri dari Oddie Agam memaparkan jika suaminya itu tak pernah mengeluhkan soal penyakit.

Bahkan Almafilia mengakui kondisi Oddie Agam kala itu terbilang sehat, walaupun sang musisi legendaris sempat mengalami stroke.

“Dia (Oddie) nggak pernah ngeluh apa-apa. Dan saya selalu tanya, ‘ada sakit apa?’ Dia selalu bilang ‘nggak’, jadi ya sudah saya kira baik-baik saja,” kata istri Oddie Agam, Almafilia, ditemui di Rumah Sakit Persahabatan kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (8/10/2021).

Hingga akhirnya, Oddie mengalami batuk-batuk tersedak saat makan. Tak kunjung sembuh Almafilia membawanya ke rumah sakit untuk mengetahui apa penyakit yang diderita suaminya itu.

“Sampai kemaren batuk yang tersedak nggak berhenti itu batuknya,” ujarnya.

Alhasil dari pemeriksaan dokter, Almafilia menemukan jika Oddie menderita gangguan ginjal yang mengharuskan pria 68 tahun itu harus menjalani cuci darah. Hasil riwayat tersebut membuat Almafilia kaget, sebab menurut dokter gangguan pada ginjal sulit untuk terdeteksi.

“Kenapa selama ini saya nggak tahu, tapi kata dokter kalau ginjal nggak terdeteksi. Sampai sisa 10 persen fungsinya. Ya sudah jadi kami putuskan untuk cuci darah,” ujar Almafilia. (*)

Source :Trb