IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

IKLAN YARA

Terkait Kebakaran Lapas Tangerang, Polisi Ungkap Penyebabnya

oleh -35.579 views
Terkait Kebakaran Lapas Tangerang, Polisi Ungkap Penyebabnya
Foto : Liputas6.com

 GOOGLE NEWS

Jakarta I Realitas – Terkait Kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, merupakan suatu peristiwa kebakaran yang terjadi pada tanggal 8 September 2021 Kebakaran Lapas itu akibat korsleting listrik.

Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat memastikan, Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang akibat korsleting listrik.

Penyebabnya, pemakaian listrik melebihi beban dari kapasitas daya yang tersedia.

“Korsleting listrik atau arus pendek atau short sirkuit itu terjadi akibat adanya arus listrik yang tidak sesuai dengan hambatan,” kata dia di Polda Metro Jaya, Rabu (29/9/2021).

BACA JUGA :   Pejabat Jangan Korupsi Anggaran Untuk Kesejahteraan Petani

Tubagus menyebut, arus listrik di Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang tidak terkendali. Itu terjadi karena adanya kapasitas yang tidak sesuai antara arus listrik, berupa kabel, dan beban. Sehingga menimbulkan panas atau percikan api.

“Beban yang sangat berat dipasang oleh kapasitas kabel yang tidak sesuai, mengakibatkan arus listrik tidak terkendali dengan hambatannya,” ucap dia.

Menurut dia, pemasangan instalasi yang amburadul, dan tidak terkontrol melalui MCB atau Miniature Circuit Breaker turut memperburuk keadaan. Biasanya, kalau sudah masuk pada MCB ketika terjadi korsleting seharusnya MCB akan turun.

BACA JUGA :   Pj Wali Kota Pekanbaru Resmikan RM Putra Pak Nurdin

“MCB ini fungsinya salah satu men-shot, menghentikan arus listrik tadi. Ketika ini dipasang tidak sesuai dengan ketentuan, dipasang secara langsung, maka MCB menjadi tidak berfungsi, terjadi percikan. Itu penyebab titik apinya,” ujar dia.

Dalam hal ini, Tubagus menyebut unsur kelalaian dalam kebakaran Lapas Kelas I Tangerang terpenuhi. Berdasarkan penyidikan, ditemukan adanya pemasangan instalansi listrik yang tidak sesuai dengan ketentuan. Demikian juga dengan orang yang diperintah untuk melakukan pemasangan.

BACA JUGA :   Polisi Sita Aset Bos Judi Apin BK Medan

“Tidak ada unsur kesengajaan tetapi karena ada kelalaian. Apa lalainya? dipasang aliran listrik yang tidak sesuai ketentuan dengan alat yang tidak tepat dan juga dipasang oleh orang yang bukan profesional,” ucap Polda Metro Jaya.

Sumber : liputan6