IKLAN YARA

Studi Banding Bumdes Emas Ke Bumdes Desa Buluh Duri di Kec Sipispis

oleh -40.489 views
Studi Banding Bumdes Emas Ke Bumdes Desa Buluh Duri di Kec Sipispis
UPDATE CORONA

Sumatra Utara I Realitas – Studi Banding Tim Matching Fund UNSAM (MF) dan BUMDES EMAS Desa Buluh Duri di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatra Utara.

Ketua Tim Matching Fund UNSAM Dr. Rini Mastuti M.P kepada Wartawan Sabtu, 4 September 2021 Untuk memperoleh pembelajaran berbasis praktek yang telah dilakukan oleh BUMDES yang telah sukses.

Program yang dilakukan adalah Matching Fund yaitu bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Dikti (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Industri. ujar Dr. Rini Mastuti M.P.

Program Maching Fund juga berkolaborasi antara Kemdikbud (industri kampus) dengan Kemendes (BUMDES) yang dikemas dalam satu platfom baru yaitu Kedaireka.

BACA JUGA :   Tonton Film Dewasa Setiap Hari, Remaja di Tapanuli Utara Lecehkan 2 Anak Tetangga

Kedaireka (Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta) untuk pengembangan serta upaya revitalisasi BUMDES di samping itu peran perguruan tinggi dalam mendampingi BUMDES memberikan manfaat bagi dosen untuk berperan aktif dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, sementara bagi mahasiswa program ini bertujuan mengembangkan softskill dan hardskill mahasiswa di DUDI (dunia usaha dan industri) sehingga nantinya mahasiswa mampu menjadi lulusan yang berkualitas.

Sementara Tim Matching Fund UNSAM (MF) : Tim Dosen dengan ketua Dr. Rini Mastuti M.P dan Dr. Muhammad Fuad, dan Tim Mahasiswa : Natasha S.P, Nasrina, Zeta Novia Ramadhani, Maulidal Khairi, Ragil Andika Johan, Yusril Ihza Mahendra Direktur BUMG EMAS : Muhammad Asril, S.E.

BACA JUGA :   Kehadiran KSJ Membantu Pemerintah Dalam Tangani Masalah Sosial

Diterima : Kades : Dewi Yanthi Purba Ketua Ketua BUMDes Buduma, Buluh Duri Mandiri (Buduma): Budiman Purba

Statemen Ketua Tim, Dr. Rini Mastuti M.P : Studi Banding ke Buduma bertujuan belajar dan sharing ilmu tentang memanajemen Bumdes sehingga Buduma dapat memperoleh berbagai penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional dan sukses mengembangkan usaha yang berbasis pada kebutuhan masyarakat dan potensi alam yang dimiliki Desa. Seperi unit usaha air minum, unit usaha arung jeram, unit usaha pasar selasa (Parcel) dan lainnya.

BACA JUGA :   Kapolres, Diusia Dua Tahun KSJ Sudah Bangun Kampung Sedekah

Statemen Kades, Dewi Yanthi Purba : Peran Kades sangat vital dan krusial untuk memberikan kepercayaan, mendorong serta menjadikan Buduma sebagai partner untuk pengembangan desa Buluh Duri. Pihak Desa, Bumdes, dan BPD harus menjadi tim yang kompak dan solid saling bersinergi untuk mewujudkan desa yang maju demi kepentingan masyarakat.

Statemen, Ketua Buduma, Budiman Purba : Walaupun awalnya tidak mudah dan berdarah-darah pada tahun 2017, saya mempunyai visi yakin kedepan Buduma akan berkembang dan sukses sehingga saya berani menerima amanah dan tantangan menjadi ketua, dan Alhamdulillah Buduma bisa berkembang seperti sekarang ini. (*)