IKLAN YARA

Korban Patah Tulang Kebakaran Lapas Tangerang Akan Dioperasi

oleh -28.489 views
Korban Patah Tulang Kebakaran Lapas Tangerang Akan Dioperasi
Korban Patah Tulang Kebakaran Lapas Tangerang Akan Dioperasi
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Tiga orang korban luka akibat kebakaran Lapas Kelas I Tangerang masih dirawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang. Satu di antaranya mengalami patah tulang dan akan dioperasi.

“Kita sedang merawat tiga pasien dan yang masih tersisa sekarang adalah tuan Y, JS, dan N. Nah, tuan JS hari ini on the way sedang dilakukan operasi reposisi tulang,” ucap Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani, kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Hilwani mengatakan JS mengalami patah tulang di kaki sebelah kiri. Dia mengatakan JS mengalami patah tulang usai melompat dari ketinggian untuk menyelamatkan diri saat kebakaran terjadi.

BACA JUGA :   Kapolresta Pimpin Apel gelar Operasi Patuh lancang Kuning 2021 di Mako Polresta Pekanbaru

“Yang patah di kaki sebelah kiri. Penyebab patah tulang dari tanya jawab dengan dokter kami, beliau itu lompat dari ketinggian 2 sampai 3 meter. Untuk menyelamatkan diri,” kata Hilwani.

“Untuk tuan JS, dengan patah tulang kaki kiri. Kondisinya stabil, mandiri, bisa berkomunikasi, saat ini sedang dilakukan operasi penyambungan tulang yang patah,” imbuhnya.

Korban lainnya, N, juga disebut dalam kondisi stabil. Namun, kondisi N disebut berpotensi memburuk karena mengalami luka bakar sekitar 13 persen.

“Tuan N ini kondisi dalam pemantauan ketat, tapi relatif stabil. Tuan N terpasang alat bantu ventilator, luka bakar lebih dari 13 persen di bawah 40 persen grade 3. Tetapi mengalami trauma inhalasi. Jadi tuan N ini kondisinya relatif stabil tapi potensi terjadi perburukan,” ucap Hilwani.

“Tuan N ini benar-benar tidak mandiri, jadi dia terpasang ventilator dan harus terus support dengan oksigen,” lanjutnya.

Korban lainnya, Y, juga disebut dalam kondisi stabil. Y sudah menjalani operasi pembersihan kulit yang terbakar.

“Tuan Y kondisinya stabil, sudah dilakukan operasi debridement yang kedua kemarin, yakni operasi pembersihan kulit yang terbakar, rencananya akan dilakukan operasi lagi di hari Kamis,” ucap Hilwani.

BACA JUGA :   Hadiri Peletakan Batu Pertama Islamic Center PERSIS, Kapolri Yakin Hasilkan SDM Berkualitas

Kebakaran Lapas Tangerang terjadi pada Rabu (8/9) dan menyebabkan 48 orang narapidana tewas.

41 orang dinyatakan meninggal pada saat kebakaran terjadi. Sementara lainnya meninggal dalam perawatan di rumah sakit.

“Update terbaru, Tn M, dengan trauma Inhalasi, luka bakar 20% dan dengan penyakit penyerta meninggal jam 18.06. Tn I, trauma inhalasi dan luka bakar 98% meninggal jam 19.00,” jelas Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani saat dihubungi wartawan, Senin, (13/9). (*)

Source