IKLAN YARA

Anak Imigran Usia Sekolah Telah Mendapatkan Pendidikan

oleh -45.489 views
Anak Imigran Usia Sekolah Telah Mendapatkan Pendidikan
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Sebanyak 90 anak dari keluarga imigran yang mencari suaka politik ke wilayah Indonesia khususnya di daerah kota Pekanbaru Provinsi Riau telah memperoleh pendidikan yang layak.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kota Pekanbaru Dr. H. Ismardi M.Ag ketika dijumpai langsung pada Rabu (01/09/21) Siang.

Menurut Ismardi, kebijakan tersebut merupakan instruksi langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama dengan Kementerian Hukum Dan HAM RI agar memfasilitasi dan berpartisipasi memberikan tempat bagi anak-anak imigran usia sekolah agar mendapatkan pendidikan yang layak dan baik.

BACA JUGA :   H. Juanda Naim, Beri Penghargaan Untuk 4 Anak Didik MAN 1 Lampung Timur

“Karena kota Pekanbaru menjadi salah satu tempat singgah dan tempat penampungan imigran dari negara-negara luar, maka kami dari Dinas Pendidikan mengajak mereka yang memiliki anak-anak usia sekolah agar dapat menimba ilmu disini.

Dengan syarat dan ketentuan, anak-anak tersebut bisa berkomunikasi dengan berbahasa Indonesia minimal Pasif,” jelas Kadisdik Pekanbaru.

BACA JUGA :   Ka Kanwil Kementerian Agama Resmikan 12 Kantin Sehat MAN 1 Lampung Timur

Masih menurut Ismardi, langkah tersebut merupakan tindakan kemanusiaan dari pemerintah kota Pekanbaru agar bisa membantu anak-anak imigran usia sekolah untuk harus mendapatkan pendidikan dasar maupun menengah secara baik.

“Kemarin ada beberapa anak yang berasal dari negara Afganistan telah kita berikan sertifikat namun bukan ijazah.

Adapun sertifikat yang kita berikan tersebut merupakan bukti formal bahwa mereka telah selesai melakukan pendidikan di wilayah negara Indonesia,” urai Kadisdik Pekanbaru.

BACA JUGA :   Main Hujan-hujanan, Bocah Tiga Tahun Hanyut di Selokan

Terkait pembiayaan selama bersekolah, Ismardi menjelaskan bahwa semua pembayaran ditanggung oleh Intenational Organization Migration (IOM) yang merupakan lembaga khusus imigran di PBB (UNHCR).

“Selama ini hubungan koordinasi kita dengan IOM cukup baik,” tutup Ismardi seraya berlalu pergi. *(mirza)