IKLAN YARA

Adiwiyata Mendukung Gerakan Peduli Lingkungan dan Berbudaya

oleh -39.489 views
Adiwiyata Mendukung Gerakan Peduli Lingkungan dan Berbudaya
UPDATE CORONA

Lawang Kidul I Realitas – Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 52 Tahun 2019, Tentang Gerakatan Peduli Lingkungan dan Berbudaya disekolah.

Sehingga dalam beberapa tahun terakhir dalam dunia pendidikan saat ini lagi buming program sekolah Adiwiyata untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan dengan mengedepan prilaku peduli terhadap lingkungan yang sehat, nyaman, bersih, rapi dan indah, sehingga sekolah terlihat cantik serta rindang.

Dalam pantauan awak media, SMP Negeri 1 Lawang kidul, kabupaten Mua Enim, Sumsel yang merupakan sekolah yang sudah lama berdiri, memang cukup tertata dengan luas areal Lebih kurang 1,5 ha berdampingan dengan SMA Bukit Asam dan SMK Bukit Asam, berlokasi di jalan Buluran Talang Jawa Tanjung Enim. Selasa, 14 Agustus 2021.

BACA JUGA :   Pj. Bupati dan Forkopimda Sambut Kunker Danrem 044/Gapo

Ketika dikunjungi Kepala SMPN 1 Lawang Kidul, Dasti, SPd, MSi yang cukup sibuk dengan kegiatan disekolah, apalagi saat ini baru dimulai pembelajaran tatap muka.

Masih menyempatkan diri untuk bincang-bincang dengan awak media, dia menuturkan, ” SMPN 1 Lawang kidul sudah 3 tahun mempersiapkan sekolah Adiwiyata, karena saat itu kita belum siap untuk mengikuti, sehingga kita mulai berbenah dengan dukungan guru-guru, siswa serta support dari perusahaan.

Lanjutnya,” Alhamdulillah tahun 2021 SMP Negeri 1 lawang kidul, setelah ada tim verifikasi dari provinsi sumatera selatan masuk dalam nominasi sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, dengan semangat kebersamaan sehingga dengan kerja keras yang dilakukan membuahkan hasil.”

BACA JUGA :   Pj. Bupati dan Forkopimda Sambut Kunker Danrem 044/Gapo

” Dalam persiapan ini, kita sudah membuat inovasi baru seperti minuman sehat yang dibuat dari kembang telang, khasiatnya juga cukup positif, selain minuman segar, juga baik orang yang mengidap deabetes, hyppertensi, juga pembuatan kompos, ada biopori untuk peresapan air, greenhous dan lain sebagainya.

” Harapan saya selaku kepala sekolah, prilaku hidup bersih, sehat, dapat menjadi motivasi bagi siswa dan menjadikan kepribadian diri kita sehari-hari, sehingga prilaku ini dapat memberikan motivasi dalam kehidupan dilingkungan kita”, ucapnya.

Senada dengan guru pembina inovasi biopori, juga sebagai guru di SMPN 1 Lawang Kudul, Wawan mengatakan,” kita sangat support dengan sekolah Adiwiyata, sehingga kita bersama-sama untuk menata lingkungan sekolah, bersih, rindang juga akan bermanfaat bagi kita dan juga siswa bisa nyaman saat berada disekolah”, imbuhnya.

BACA JUGA :   Pj. Bupati dan Forkopimda Sambut Kunker Danrem 044/Gapo

Sementara Eliyani juga seorang guru, sekaligus pembina pembuatan minuman telang yang banyak khasiatnya menuturkan ” tumbuhan telang merupakan tumbuhan liar dan saat ini kita budidayakan disekolah.

Sehingga kita mencoba untuk membuat inovasi baru berupa minuman segar dan tentunya pada saat tim verifaksi sekolah Adiwiyata juga kita suguhkan untuk mencoba minuman telang ini,” katanya. (M Umar)