IKLAN YARA

Nelayan di Kabupaten Aceh Barat Belum Memiliki Asuransi

oleh -70.489 views
Nelayan di Kabupaten Aceh Barat Belum Memiliki Asuransi
UPDATE CORONA

Meulaboh I Realitas – Nelayan di Kabupaten Aceh Barat hingga kini belum memiliki asuransi sebagai bentuk perlindungan diri saat bekerja di laut untuk mencari ikan.

Ketua Komunitas Adat Panglima Laut Kabupaten Aceh Barat Amiruddin di Meulaboh, kepada Wartawan Minggu (8/8/2021) mengatakan dulu pernah ada asuransi untuk nelayan di Aceh Barat, tapi sampai sekarang sudah tidak ada lagi, karena masa berlakunya sudah habis,

BACA JUGA :   Tinjau Vaksinasi Massal Akabri 96, Sigit: Terus Bekerja Tanggulangi Covid

Lebihlanjut Amiruddin, asuransi untuk kalangan nelayan tersebut merupakan program perlindungan nelayan bernama Bantuan Premi Asuransi bagi Nelayan (BPAN).

Program tersebut, kata dia, sebelumnya pernah dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

BACA JUGA :   Kapolda Aceh Ajak Masyarakat Langsa Bantu Pemerintah Sukseskan Vaksinasi

Program ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam.

“Program asuransi nelayan ini sebelumnya dicetuskan oleh Bapak Presiden Jokowi,” ujar Amiruddin.

Untuk itu, pihaknya berharap agar seluruh nelayan agar dapat mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi demi jaminan keselamatan saat bekerja.

Pihaknya juga berharap kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Barat agar dapat membantu memfasilitasi asuransi bagi 2.096 nelayan di daerah ini, agar kembali masuk dalam program asuransi nelayan, ujar Amiruddin mengharapkan. (firza/ant)