IKLAN YARA

Kajian Sanksi Tilang Bagi Pelanggar Ganjil Genap Oleh Polda Metro Jaya

oleh -46.489 views
Kajian Sanksi Tilang Bagi Pelanggar Ganjil Genap Oleh Polda Metro Jaya
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Pengendalian mobilitas dengan sistem ganjil genap (gage) selama PPKM level 4 telah berlangsung hampir satu pekan. Namun kendati demikian, belum ada sanksi khusus yang diterapkan selain putar balik arah bagi pelanggar.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut, pihaknya akan segera melakukan evaluasi, salah satunya dengan menetapkan sanksi bagi pelanggar gage.

BACA JUGA :   Geger Tengkorak Manusia Ditemukan di Kebun Karet Warga Langsa Baro

“Untuk masalah tilang ini masih menjadi kajian kita. Intinya, kita bisa menggunakan tilang, kita juga lihat rambu-rambunya karena memang ganjil genap ditandai dengan rambu jalan,” ujar KombesPol Sambodo di depan Gedung MPR-DPR, Senin (16/8/2021).

BACA JUGA :   Jokowi Salurkan 20 Ton Jagung Kepada Peternak di Blitar

KombesPol Sambodo lantas mengungkap, pelanggar ganjil genap dapat ditilang dengan UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 di Pasal 287 tentang Pelanggaran Rambu Lalu Lintas.

“Kalau ada yang melanggar ganjil genap, itu berarti masuk ke pelanggaran rambu lalu lintas di Pasal 287 ayat 1,” terang KombesPol Sambodo.

BACA JUGA :   Polda Riau Gelar Ops Patuh Lancang Kuning 2021

Nantinya, jika semua sarana dan prasarana rambu di kawasan ganjil genap telah lengkap, aturan sanksi tersebut akan diterapkan baik secara manual ataupun melalui sistem kamera ETLE. (*)

Sumber: Mascipol