IKLAN YARA

Hari Pramuka Ke 60, Kwarcab Kota Pekanbaru Gelar Donor Darah

oleh -60.489 views
Hari Pramuka Ke 60, Kwarcab Kota Pekanbaru Gelar Donor Darah
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Hari Pramuka ke 60 yang jatuh tepat pada tanggal 14 Agustus 2021, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) kota Pekanbaru mengelar berbagai kegiatan bakti sosial kemanusiaan yang dalam hal ini bertajuk Bulan Bakti Pramuka.

Rangkaian kegiatan Bulan Bakti Pramuka tersebut yang dimulai dari tanggal 10 Agustus hingga 14 Agustus 2021 nantinya, diawali dengan pelaksanaan donor darah, pembagian masker di pasar-pasar tradisional, penyemprotan disinfektan di beberapa pos-pos pelayanan kepolisian se kota Pekanbaru, dan diakhiri dengan upacara hari pramuka secara virtual serta pemberian hadiah kepada para pemenang sayembara lomba video pendek dirgahayu pramuka.

Pada kesempatannya, Ketua Kwarcab kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi S.STP M.Si mengatakan bahwasanya kegiatan bulan bakti pramuka donor darah telah dilakukan pada Selasa (10/08/21) Pagi yang bekerja sama dengan PMI kota Pekanbaru dipusatkan di Kantor Kwarcab kota Pekanbaru.

BACA JUGA :   Main Hujan-hujanan, Bocah Tiga Tahun Hanyut di Selokan

“Kita berharap dengan adanya kegiatan donor darah tersebut dapat menjaring para pendonor secara sukarela dalam menyumbangkan darahnya. Sehingga tentunya dapat membantu ketersediaan stok darah di PMI kota Pekanbaru dan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kak Masykur.

“Untuk pelaksanaan donor darah kita menargetkan sebanyak 60 kantong darah, alhamdulillah hingga siang tadi capaian target sudah melebihi. Dan kegiatan akan terus kita lanjutkan hingga sore hari, namun karena keterbatasan waktu selanjutnya kepada para pendonor akan kita arahkan langsung ke kantor PMI,” tambahnya.

BACA JUGA :   Muhammad Kurniadi Gugur Ditembak KKB Jenazah Dimakamkan di Aceh

Terkait pelaksanaan kegiatan pembagian masker secara gratis di beberapa pasar tradisional di kota Pekanbaru, Kak Masykur memyebutkan akan dilakukan pada Kamis (11/08/21) besok di beberapa titik sasaran.

“Ada beberapa lokasi pasar tradisional yang akan kita lakukan penyebaran pembagian masker, diantaranya Pasar Cik Puan, Pasar Sail, Pasar Tangor, dan Pasar Kodim,” ujar Ketua Kwarcab Pekanbaru.

Adapun menurutnya tujuan pembagian masker tersebut untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan ditengah-tengah masyarakat sesuai anjuran dari pemerintah.

BACA JUGA :   Ka Kanwil Kementerian Agama Resmikan 12 Kantin Sehat MAN 1 Lampung Timur

“Kita akan menyampaikan kepada masyarakat khususnya kepada para pembeli maupun para penjual di pasar tradisional tersebut untuk tetap mentaati protokol kesehatan dimana pun berada terutama dalam beraktifitas diluar rumah. Sehingga kita semua dapat memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19,” sebut Kak Masykur.

Sedangkan untuk kegiatan penyemprotan disinfektan di pos-pos kepolisian se kota Pekanbaru, secara teknis Kak Masykur mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak Polresta Pekanbaru.

“Nanti akan kita tentukan tempat lokasinya sesuai dengan kesepakatan bersama,” tutup kak Masykur sembari mengatakan gerakan Pramuka kedepan akan tetap mendukung program pemerintah dalam penanggulangan pandemi Covid-19. *(mrz)