IKLAN YARA

Eks Timses Jokowi Resmi Dilantik Jadi Dirjen di Kominfo

oleh -60.489 views
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate melantik eks tim kampanye pemenangan Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Usman Kansong sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Selasa (10/8/2021).

Usai prosesi pelantikan, Jhonny meminta Dirjen IKP yang baru itu untuk melakukan komunikasi publik secara akurat dan tepat, serta melindungi masyarakat dan memberikan penjelasan atas hoaks dan infodemi yang tersebar.

“Tugas terdekat yang harus segera kita bersama lakukan adalah komunikasi publik yang akurat yang tepat dan gaya komunikasi serta narasi sesuai segmentasi komunikasi kelompok masyarakat,” ujar Johnny dalam Sambutan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya secara virtual, Selasa (10/8/2021).

BACA JUGA :   Ketua PKB Batu Bara Bantu Pengurus NPC Ikut Pendidikan Classifier Disabilitas

Johnny lebih lanjut menjelaskan di tengah kemajuan teknologi informasi yang berpotensi adanya pemanfaatan ruang digital secara keliru, Ditjen IKP berkewajiban untuk memberi penjelasan dalam melindungi masyarakat dari infodemi atau hoaks.

Pelaksanaan tugas itu, kata Johnny bisa dilakukan dengan cara koordinasi, kolaborasi untuk menuju satu titik simpul yang optimal demi kepentingan negara bangsa dan masyarakat.

BACA JUGA :   Pemkab Atim Tandatangani MOU-MOA Dengan Poltekkes Kemenkes Aceh

Dia menyebut hal itu secara khusus menjadi perhatian saat bangsa Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19.

Pengangkatan Dirjen IKP Kementerian Kominfo tertuang dalam Surat Keputusan Presiden No, 108/TPA/2021 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dikutip situs resmi Kominfo, Usman Kansong lahir di Jakarta, 13 April 1970. Ia merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU).

BACA JUGA :   Tinjau Vaksinasi Massal Akabri 96, Sigit: Terus Bekerja Tanggulangi Covid

Ia juga bekerja di Harian Republika (1995-2000). Sejak tahun 2000, ia bekerja di Metro TV (2000-2009) dengan jabatan terakhir News Current Affairs Manager. Sejak 2009 hingga 2020 bekerja di Harian Media Indonesia, dengan posisi terakhir direktur pemberitaan.

Dalam kiprah berpolitiknya, Usman juga tercatat sebagai Tim Kampanye Nasional pemenangan Joko Widodo – Ma’ruf pada 2019. Ia memegang posisi menjadi Direktur komunikasi politik di kubu pemenangan itu. (*)

Sumber: cnn