IKLAN YARA

Benarkah Lili Pintauli Diminta Mengundurkan Diri dari KPK?

oleh -33.489 views
Benarkah Lili Pintauli Diminta Mengundurkan Diri dari KPK?
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (Foto: Antara)
UPDATE CORONA

Jakarta I Realitas – Lili Pintauli Siregar diminta mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Permintaan ini disampaikan Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, menyusul putusan Dewan Pengawas (Dewas) KPK yang menyatakan Lili terbukti melanggar etik dan pedoman perilaku.

Lili dinilai menyalahgunakan pengaruhnya sebagai pimpinan KPK dan berkomunikasi dengan Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial.

Padahal, KPK sedang mengusut dugaan jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai.

BACA JUGA :   Tinjau Vaksinasi Massal Akabri 96, Sigit: Terus Bekerja Tanggulangi Covid

Atas pelanggaran tersebut, Dewas menjatuhkan sanksi berat kepada Lili berupa pemotongan gaji pokok sebesar 40% selama setahun.

“Menghormati putusan Dewas KPK yang menyatakan Lili Pintauli Siregar bersalah melanggar kode etik berat dan sanksi pemotongan gaji 40% selama 12 bulan.

Putusan Dewas ini sebagai sebuah proses yang telah dijalankan berdasar UU Nomor 19 tahun 2019 tentang Revisi UU KPK,” ujar Boyamin dalam keterangannya, Senin (30/8/2021).

BACA JUGA :   Jadi Tersangka Dugaan TPK, Waka DPR RI AZ Dijemput Lalu Ditahan KPK

Boyamin menilai putusan Dewas KPK dirasakan belum memenuhi rasa keadilan masyarakat. Semestinya, sanksi yang dijatuhkan terhadap Lili berupa pemecatan.

Lantaran tak dipecat Dewas, MAKI meminta Lili mengundurkan diri dari jabatannya demi kebaikan KPK dan upaya pemberantasan korupsi.

“MAKI meminta Lili Pintauli Siregar untuk mengundurkan diri dari pimpinan KPK demi kebaikan KPK dan demi kebaikan pemberantasan korupsi serta demi kebaikan NKRI,” ujar Boyamin.

Dikatakan, pengunduran diri Lili Pintauli Siregar untuk menjaga kehormatan KPK.

BACA JUGA :   Kunker ke Cilacap, Jokowi Naik Perahu Rakyat Tanpa Pengawalan Ketat

Boyamin khawatir tanpa pengunduran diri, pelanggaran etik yang dilakukan Lili akan menjadi noda yang selalu menyandera KPK.

“Sehingga KPK akan kesulitan melakukan pemberantasan korupsi,” ucap boyamin.

Boyamin mengatakan, pihaknya akan melaporkan perkara ini ke Bareskrim Polri. “Itu berdasarkan dugaan perbuatan yang pasal 36 UU KPK masih dikaji berdasar putusan Dewas KPK yang baru saja dibacakan,” katanya. 

Sumber : bst