IKLAN YARA

Polresta Pekanbaru Berupaya Ciptakan Herd Immunity Bagi Masyarakat

oleh -95.489 views
Polresta Pekanbaru Berupaya Ciptakan Herd Immunity Bagi Masyarakat
UPDATE CORONA

Pekanbaru I Realitas – Polresta Pekanbaru pada Kamis (29/07/21) Sore memberikan layanan vaksinasi kepada para santri dan santriwati yang bertempat di Pondok Pesantren Nurul Huda Jalan Handayani Kecamatan Marpoyan Damai.

Kegiatan yang bertajuk Gerai Vaksin TNI-Polri Polresta Pekanbaru tersebut dipimpin langsung oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya S.I.K, M.H dihadiri juga oleh Wakapolresta Pekanbaru AKBP Defrianto, serta Pejabat Utama (PJU) Polresta Pekanbaru, Kapolsek Bukit Raya, Camat Marpoyan Damai, Pengurus Pondok Pesantren Nurul Huda, dan ratusan santri/santriwati.

Kepada awak media, Kapolresta Pekanbaru mengatakan kegiatan vaksinasi tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi untuk meningkatkan herd immunity kepada seluruh masyarakat khususnya para santri dan santriwati dalam menuntut ilmu agama.

BACA JUGA :   Restorasi Gambut Berjalan Baik Di Riau, BRGM RI Berikan Sosialisasi Rehabilitasi Mangrove

Kapolresta juga menyampaikan pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Nurul Huda nantinya juga akan diberikan kepada para tenaga pengajar atau Ustadz dan seluruh pengurus yayasan serta masyarakat sekitar.

“Ini merupakan upaya kita dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh para santri dan santriwati serta seluruh warga yang ada diseluruh lingkungan sekitar. Karena kita ketahui bahwa pondok pesantren merupakan salah satu tempat yang rentan terhadap penularan wabah Covid-19,” ujar Kapolresta.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini kota Pekanbaru yang sedang menjalankan penerapan PPKM level 4, Polresta Pekanbaru akan serius dalam memaksimalkan segala potensi terjadinya penyebaran wabah Covid-19.

“Maka kita berharap, dengan adanya program gerai vaksin TNI-Polri yang dilaksanakan oleh Polresta Pekanbaru di pondok pesantren ini dapat mencegah munculnya klaster-klaster baru Covid-19,” sebut Kapolresta.

“Tentunya program ini dapat kita dukung bersama, mengingat kota Pekanbaru harus lebih gencar lagi untuk melaksanakan vaksinasi massal dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19,” jelasnya sembari mengatakan target minimal 70% dari keseluruhan jumlah penduduk kota Pekanbaru dapat diberikan vaksin Covid-19.

Untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Pondok Pesantren Nurul Huda tersebut, Polresta Pekanbaru telah menyediakan 100 dosis vaksin atau sebanyak 10 vial.

“Kita memberikan dosis vaksin kepada santri dan santriwati sebanyak 55 orang, dan sisanya diberikan kepada tenaga pengajar atau Ustadz,” jelas Kapolresta.

“Kita juga berpesan dan berharap, kepada para peserta yang telah mendapatkan vaksin untuk dapat tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dengan pola 6 M yakni Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, menghindari kerumunan, Mengurangi mobilitas, dan Menghindari makan bersama. Sehingga dapat terciptanya kekebalan tubuh yang komunal dalam diri kita semua,” pesan Kapolresta.

BACA JUGA :   Kapolresta Pimpin Apel gelar Operasi Patuh lancang Kuning 2021 di Mako Polresta Pekanbaru

Untuk diketahui kegiatan vaksinasi massal kepada masyarakat, sejauh ini Polresta Pekanbaru telah memberikan dosis vaksin tersebut kepada orang dewasa dan lanjut usia.

“Namun yang terutama sekali, sasaran pemberian vaksin kita lakukan kepada para pelajar yang berusia mulai dari 12 tahun hingga 17 tahun,” tutup Kapolresta Pekanbaru.

Selain memiliki program gerai vaksin TNI-Polri, tenyata dalam mempercepat penanganan pandemi Covid-19, Polresta Pekanbaru juga telah mengaktifkan vaksin keliling atau vaksin mobile. *(mrz)