IKLAN YARA

Lanud Suryadarma Latihan Penanggulangan Terjadinya Kebakaran

oleh -91.489 views
Lanud Suryadarma Latihan Penanggulangan Terjadinya Kebakaran
Keterangan gambar : anggota Lanud Suryadarma saat mempraktekan cara memadamkan api pada giat simulasi kebakaran yang dilaksanakan oleh Subsi PK Disops Lanud Suryadarma
UPDATE CORONA

Subang | Realitas – Pen Sdm. Bertempat di Shelter Base Rescue Dinas Operasi Lanud Suryadarma, anggota Lanud Suryadarma mengikuti kegiatan Latihan Penyegaran Materi Penanggulangan Bencana Kebakaran yang dipimpin oleh Kasiopslat Disops Lanud Suryadarma, Mayor Pnb Zen M. Achwan P., Kamis (22/7/2021).

Latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan personel Lanud Suryadarma, didalam menggunakan dan mengoperasikan APAR secara cepat, tepat, efisien dan aman. Agar bahaya kebakaran yang terjadi dapat dicegah dan ditanggulangi sedini mungkin sehingga tidak terjadi kebakaran yang lebih luas.

Kegiatan diawali dengan materi kelas seperti refreshing prosedur tetap (protap), refreshing Alpeka konvensional dan refreshing pengunaan mobil PK dan alat pemadam kebakaran. Seluruh anggota pun dengan antusias mengikuti arahan yang diberikan.

BACA JUGA :   Jokowi Salurkan 20 Ton Jagung Kepada Peternak di Blitar

Usai penjelasan secara teori kelas, acara dilanjutkan dengan dilakukan simulasi kebakaran yang dilaksanakan di Hanggar Pusdikterla Lanud Suryadarma.

Adapun anggota yang terlibat yaitu terdiri dari 1 regu Tim Base Recue Disops Lanud Suryadarma dan personel Crash Team Lanud Suryadarma (Satpom, Intel, Rumkit Lanud Sdm, dan Kipan C Yonko 461 Paskhas).

Dengan simulasi ini diharapkan para anggota dapat mengaplikasikan tentang bagaimana cara menangani dan antisipasi pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, penggunaan peralatan pemadam kebakaran, sampai dengan cara penggunaan peralatan pemadaman api baik yang tradisional maupun modern serta mengaplikasikan teknik penanggulangan dan pemadaman kebakaran menggunakan peralatan pemadaman api tersebut .

BACA JUGA :   Restorasi Gambut Berjalan Baik Di Riau, BRGM RI Berikan Sosialisasi Rehabilitasi Mangrove

Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Antonius Adi Nur W., yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya harus dilaksanakan penyegaran.

Sehingga untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang peralatan pemadaman api yang memadai.

“Latihan ini sangat penting dan diperlukan seluruh anggota Lanud Suryadarma. Banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya bahaya api atau kebakaran bahkan ledakan, faktor-faktor tersebut kadang-kadang kurang diperhatikan oleh kebanyakan orang, dibandingkan upaya penanggulangannya. Karena itulah, dalam pelatihan ini upaya pencegahan kebakaran lebih diutamakan,” imbuhnya.

BACA JUGA :   Geger Tengkorak Manusia Ditemukan di Kebun Karet Warga Langsa Baro

Pada saat kegiatan berlangsung Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadara Kolonel Pnb Tarmuji Hadi S., S.Sos., M.M., M.Sc., menekankan sangat pentingnya latihan Penanggulangan Bencana Kebakaran ini.

“Sebentar lagi kita akan memasuki musim kemarau, rawan akan kebakaran. Saya minta kesadaran para anggota agar waspada kebakaran, jangan sampai terjadi di Lanud ini”, tegasnya kepada para anggota yang ikut hadir saat pelatihan bencana kebakaran.

Hadir pada kegiatan tersebut, Dansatpom Letkol Pom Lukman Khakim, Kalambangja Letkol Pnb Taufik Agus Hidayat, dan para pejabat lainnya.(Misnato)