Tiga Cafe Di Langsa Disegel Tidak Terapkan Prokes

oleh -101.489 views
Tiga Cafe
Tim gabungan yang terdiri Personel Polri, TNI dan Satpol PP saat menyegel tiga Cafe di Kota Langsa karena tidak menerapkan prokes, Senin (31/05/2021) malam/Rapian/Mediarealitas.com

IDUL FITRI

Langsa | Realitas – Tiga Cafe dalam wilayah Kota Langsa terpaksa disegel karena tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes) oleh tim gabungan, Senin (31/05/2021) malam.

Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SIK, MH melalui Kasat Reskrim, Iptu Arief S Wibowo mengatakan, tim operasi yustisi yang beranggotakan Satpol PP, Kodim 0104/Atim menyasar berbagai cafe yang menutup usahanya hingga larut malam.

REALITAS TV

Adapun dilaksanakan operasi ini guna mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan juga melakukan penindakan terhadap pelanggar prokes bertujuan untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Lanjutnya, operasi yustisi atau razia ini dalam rangka melaksanakan Instruksi Gubernur Aceh No. 7 tahun 2021 tentang membatasi jam operasional untuk warkop/cafe, swalayan, pusat perbelanjaan dan sejenisnya dan merujuk Peraturan Walikota (Perwal) Langsa No. 31 tahun 2021 tentang penerapan disiplin dan penegakkan hukum prokes, sebagai upaya pencegahan memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19.

BACA JUGA :   Sosialisasikan PPKM Mikro, Babinsa Jelutung Sambangi Warga Binaan

Oleh karenanya bagi masyarakat yang melanggar dikenakan sangsi sesuai dengan Perwal Kota Langsa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan penindakan berupa penyegelan warung kopi/cafe selama tiga hari karena masih beroperasi melebihi waktu yang telah di tentukan.

“Ini merupakan teguran kedua karena sebelumnya telah melakukan imbauan dan teguran,” kata Arief.

Kasatreskrim berharap jangan sampai ada teguran dan kena sangsi lagi untuk selanjutnya hingga sangsi terberat, yaitu berupa pencabutan izin usahanya, akibat mengabaikan dan melanggar protokol kesehatan covid-19. Begitu juga harapan kita kepada usaha-usaha di tempat lainnya yang ada dalam Wilayah Hukum Polres Langsa.

“Kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi prokes yaitu 5 M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan, dan Membatasi Mobilisasi). Apabila ini kita laksanakan. Insyaallah kita semua dapat terhindar dari covid-19,” ujar Arief.

Operasi yustisi yang dimulai sekira pukul 22:30 – 24:00, Tim gabungan berkeliling menggunakan sejumlah mobil patroli dan menyampaikan imbauan melalui alat pengeras suara tentang pemahaman dan meningkatkan kedisiplinan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Selain itu, pada operasi yustisi tersebut tim gabungan menyegel tiga cafe/warkop karena masih buka dan melayani pengunjung dan tidak sesuai protokol kesehatan (prokes) covid-19.

BACA JUGA :   Gubernur Kalteng Minta Bupati-Wali Kota Pastikan Masyarakat Pelosok Dapat Vaksinasi

Dalam operasi tersebut juga tim gabungan membubarkan tempat kerumunan dan bila terlihat masyarakat yang tidak menggunakan masker para petugas gabungan memberikan teguran lisan secara tegas.

Adapun warkop/cafe yang disegel Tim Operasi Yustisi diantaranya, MK, di Jalan A Yani Gp. Jawa, Kec. Langsa Kota, VC, di Jalan Panglima Polem Gp. Paya Bujok Tunong, Kec. Langsa Baroe dan Warkop PW di Jalan Sudirman, Simpang Remi Gp. Mutia, Kec. Langsa Kota.

“Tiga warung kopi (Warkop) di Langsa disegel pihak Polres Langsa saat melakukan patroli upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah hukumnya,” tegas Arief. (Rapian).

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas