SDN 16 Lawang Kidul Kab Muara Enim Dikunjungi SDN 2 Kebur Kab Lahat

oleh -80.489 views
SDN

IDUL FITRI

Lawang Kidul I Realitas – Kegiatan kunjungan SDN 2 Kebur Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat ke SDN 16 Lawang Kidul, merupakan studi banding dalam rangka upaya untuk meningkatkan pendidikan yang berbasis lingkungan, untuk menuju sekolah yang berstandart Adiwiyata.

Sehingga nanti bisa ditularkan kepada sekolah lain, tentunya ini merupakan penyegaran dan pembelajaran baik personil maupun kesiapan sarana prasarana yang ada, sehingga bisa memberikan wawasan dan pembelajaran terhadap sekolah yang mempunyai keinginan untuk meningkatkan prestasi dalam persaingan di era yang semakin kompleks dan teknologi yang begitu pesat kemajuannya, jika sekolah tidak bisa mengikuti perkembangan, akan tertinggal jauh.

REALITAS TV

Dalam kegiatan kunjungan ini, hadir Kepala SDN 2 Kebur Lahat, Indawan beserta guru, CSR PT. Primanaya Group, Edwin Saputra, CSR PT. Pama Persada Nusantara, Joko, selain Kepala Sekolah juga hadir guru SDN 16 Lawang Kidul, serta pembina kelompok masing-masing, seperti tim pembina dari UKS, Ekstra kurikuler, Toga, Biopori, Adiwiyata dan Kompos, Kamis, (3/05/2021).

Dalam sambutan Kepala SDN 16 Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumsel, Hj. Yustanti, SPd, MPd menyampaikan ucapan selamat datang di SDN 16 Lawang Kidul kepada peserta studi banding dari SDN 2 Merapi Barat Kabuparen Lahat, dengan kunjungan ini merupakan pemicu bagi kami untuk lebih meningkatkan prestasi yang sudah ada.

Serta dapat berlanjut untuk menjalin silaturahmi dengan suasana damai dan bersahabat, dalam masa pendemi Covid 19, kita tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (3 M).

Kemudian menguraikan keberadaan SDN 16 Lawang Kidul yang berlokasi di Karang Asam Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Kecanatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, Sumsel, dengan luas tanah yang ditempati kurang lebih 1.600 meter persegi, tenaga pendidik 19 orang guru, termasuk Kepala Sekolah operator/tenaga admintrasi, jumlah anak didik 331 siswa, ruang belajar ada 8 lokal, didukung sarana yang ada seperti perpustakaan.

Moshollah, rumah baca, dan fasilitas lain dengan lingkungan yang dipenuhi dengan pohon yang rindang selain lapangan upacara, sehingga anak didik akan merasa nyaman dan betah berada dilingkungan sekolah, ditambah lagi lokasi yang strategis juga lingkungan yang sudah tertata rapi.

Dengan berpedoman pada Visi sekolah ” TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERIMAN DAN BERTAQWA, BERAKHLAK MULIA, BERPRESTASI DAN PEDULI LINGKUNGAN ” serta indakator dari 8 standart pendidikan yang dilaksanakan, diharapkan anak didik bisa beriman dan berakhlak baik, bisa berprestasi, baik akademis maupun non akademis, tentunya semua itu dapat berhasil seperti sekarang ini adalah kerjasama dan dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten, guru-guru dan paguyuban orang tua siswa serta Perusahaan yang ada di Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim.

Lanjutnya, untuk mencapai keberhasilan, tentu kita harus dapat menyikapi dan berpikir secara rasional bagaimana bisa untuk memajukan dengan semua yang kita capai, dengan kerja keras yang bisa dilakukan secara sinergi dengan perusahaan dan paguyuban orang tua siswa, tentunya kami sangat terbantu selali dari PT. Pama, sehingga SDN 16 Lawang Kidul bisa seperti apa yang kita lihat sekarang, tanpa kerjasama yang baik support dari semua pihak, sehingga dapat tercipta sekolah dengan pekarangan yang tertata rapi, indah dan menghijau serta dilengkapi sarana/prasarana yang mendukung, dengan persiapan yang sudah kita lakukan, maka pada tahun 2021, SDN 16 akan mengikuti lomba Adiwiyata Tingkat Nasional, semoga jerih payah semua bisa berhasil.

BACA JUGA :   Bupati Bogor Hadiri Mukab VIII KADIN Kabupaten Bogor

Kemudian, kami dari sekolah sangat tersanjung dan bangga dengan kunjungan dari SDN 2 Kebur, walaupun baru bertemu, akan tetapi seakan akan sudah begitu akrab, dapat bersilaturahmi dan bertemu dengan suasana yang hangat saling memberikan informasi untuk meningkatkan pendidikan sesuai standarisasi Adiwiyata atau sekolah yang berbasis lingkungan, akhir pembicaraan mengucakan terima kasih, semoga kita dapat bertemu lagi dalam suasana seperti ini, ucapnya.

Sementara dari PT. Primanaya Group, Edwin Saputra, menyampaikan, dengan kunjungan ini, kami bisa mendapatkan penyegaran dan ilmu yang sangat berguna bagi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berbasis lingkungan sehingga nanti sekolah yang merupakan binaan dari PT. Primanaya Group dapat termotivasi sebagai tanggung jawab dalam meningkatkan prestasi, baik dibidang Akademis maupun Non Akademis.

Masih dari edwin, dengen bekal yang kami ambil dari hasil kunjungan ini, banyak belajar dengan SDN 16 Lawang Kidul yang sudah segudang prestasi yang diraih oleh SDN 16 Lawang Kidul, dan rombongan dari Lahat tentu beruntung dapat sambutan yang begitu hangat dan ramah, sehingga kami banyak belajar serta bisa mengambil ilmu yang begitu berharga buat kami yang baru belajar untuk menyetarakan sekolah binaan dari PT. Primamaya Group yang seumur jagung ini, harapan kami dengan dilakukan studi banding di sekolah ini, mudah-mudahan dapat diaplikasi nanti setelah pulang, kamipun akan membentuk tim, seperti disini yang begitu solid, ungkapnya.

BACA JUGA :   Dukun Cabul Ancam Korban Agar Layani Nafsunya Bejatnya

Kemudian, Kepala SDN 2 Kebur, Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, Indawan, juga menuturkan bahwa dengan prestasi yang begitu kompleks, kami sangat bangga bisa melakukan studi banding ke SDN 16 Lawang Kidul, selain sudah banyak mendapat predikat sebagai juara, baik akademis maupun non akademis, sehingga kami termotivasi untuk mengunjungi sekolah yang sudah berhasil sebagai peringkat sekolah adiwitata menuju tingkat nasional.

Lanjutnya, kamipun ingin ditularkan ilmu dan dapat berbagi pengalaman dengan setumpuk penghargaan dan prestasi, semoga kami bisa mengikuti jajak untuk maraih yang terbaik, tuturnya.

Ketika disapa dari CSR PT. Pama Persada Nusantara, joko, mengatakan kami sebagai sponsorship SDN 16 Lawang Kidul, sangat bangga dengan kondisi sekolah ini, disamping berprestasi juga mendapat anugrah sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Orovinsi dan berlanjut menuju Tingkat Nasional pada tahun 2021.

Selain SDN 16 yang merupakan binaan kami, masih ada lagi sekolah binaan PT. Pama yang lain, sehingga PT. Pama sangat mensupport kegiatan yang dilaksanakan, dan kamipun berharap agar sekolah lain yang menjadi binaan, dapat mengembangkan prestasi. pngkasnya.

Kemudian dilanjutkan dengan seasen tanya jawab dari SDN 2 Kebur dan CSR PT. Primanaya Group.

Semua pertanyaan yang diajukan oleh peserta studi banding, dijawab oleh Kepala SDN 16 Lawang Kidul dengan begitu lugas, singkat dan bermakna, sehingga peserta merasa puas atas jawaban dan memuji apa yang telah disampaikan oleh tanti, begitu sapaannya, dan langsung foto bersama sebagai kenangan yang merupakan momen penting dan berharga. (M Umar)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas