Prestasi Membanggakan Unsam Membawa Hasil Mencapai Rp.1 M Lebih

oleh -922.489 views
Prestasi
Rektor Unsam, Dr Bachtiar Akob.S.Pd.M.Pd.

IDUL FITRI

Langsa I Realitas – Prestasi membanggakan kembali diraih Universitas Samudra, Langsa Provinsi Aceh.

Kampus Negeri yang berada di Pemko Langsa, Provinsi Aceh, ini terpilih lagi sebagai pemenang Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Liga II yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2021.

REALITAS TV

Atas keberhasilannya tersebut, Kampus Unsam berhak membawa pulang dana sebesar Rp 1.285.076.000. Dari dua jurusan masing masing Teknik mesin Rp.5.80.800.000, pendidikan Geografi Rp.776.276.000.

Prestasi

Rektor Unsam, Dr Bachtiar Akob.S.Pd.M.Pd. menyebutkan keberhasilan ini merupakan momentum penting bagi Unsam untuk mengimplemetasikan dan mengembangkan Konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di lingkungan Unsam, Universitas yang baru di Negeri.

BACA JUGA :   Pernyataan Resmi Grab Indonesia Terkait Meninggalnya Mitra Grab Medan di Aceh

Ini merupakan bentuk kepercayaan bagi Unsam untuk mengimplementasikan program pemerintah Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, demikian di sampaikan Oleh Rektor Unsam Dr Bachtiar Akob, S.Pd..M.Pd, kepad Media ini Selasa (8/6/2021).

Lebih lanjut disebutkan sejumlah pembenahan dan peningkatan baik secara akademik maupun nonakademik akan kita dorong secara maksimal, untuk maju nya Unsam.

Menurut Bachtiar yang sudah menduduki Jabatan Rektor hampir 3 priode, Unsam berhasil memenangi kompetisi yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi.

Perguruan tinggi agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa, sebut nya lagi.

Kita mendorong prodi dan mahasiswa Mahasiswi, dalam delapan aktivitas Kampus Merdeka yang dilakukan di luar kampus demi membantu penanganan stunting, ujar Bachtiar.

BACA JUGA :   RAKORDA DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kab Muara Enim

Lebih lanjut dikatakan nya melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kita akan memberikan peluang bagi mahasiswa untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan mengenai stunting, sebutnya.

Mahasiswa selama satu semester dapat mendampingi kasus stunting, tapi harus dilakukan diseminasi dan pengarahan oleh dosen sebelum langsung terjun ke lapangan, tambah Bachtiar, dosen senior Unsam Langsa.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, balita di Aceh menduduki posisi 3 dari 34 provinsi di Indonesia dengan prevalensi stunting sebesar 37,3%, sebut nya lagi.

Dikatakan nya, 1 dari 3 anak balita di Aceh atau di Provinsi Aceh mengalami stunting.

Sedangkan angka stunting untuk anak di bawah dua tahun (baduta), Provinsi Aceh berada di posisi 1 dari 34 Provinsi di Indonesia dengan prevalensi sebesar 37,9%,” sebut Bacltiar lagi

BACA JUGA :   Sosialisasikan PPKM Mikro, Babinsa Jelutung Sambangi Warga Binaan

Prevalensi stunting di Provinsi Aceh, bandingnya, bahkan masih jauh lebih tinggi dari Nusa Tenggara Barat, Papua Barat, dan Maluku.

Secara nasional prevalansi stunting Indonesia berada pada angka 30,8% dan Aceh melewati angka nasional dengan angka 37,3%.

Kasus stunting di Aceh sudah harus menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah dan kalangan kampus juga harus bertanggung jawab secara moral.

Keberhasilan Unsam juga tidak lepas dari dukungan semua pihak yang selama ini sudah bekerja keras untuk memajukan Unsam yang baru di Negeri, tutup Bachtiar. (H A Muthallib)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas