Pemilihan Rektor Unsam di Jamin Aman Semua Tahapan Sudah Dilakukan: IKA Unsam Sampaikan Petisi

oleh -1.806.489 views

IDUL FITRI

Langsa I Realitas – Terkait pemilihan Rektor Universitas Samudra Periode 2021-2025, dijamin aman semua tahapan sudah dilalaui dengan baik.

Pengurus Ikatan Alumni (IKA) melakukan Audensi dengan Rektor Unsam Jumat ( 4/6/2021) diterima oleh Rektor Unsam Dr Bahtiar Akop, S.Pd. M.Pd, dan Panitia Pemilihan Rektor, juga didampingi oleh Pembantu Rektor, I,II dan III.

REALITAS TV

Ketua IKA Unsam, Usman Abdullah,SE dan Sekretaris  Syahrul Atan,SH,MH, juga didampingi sejumlah pengurus pengurus Alumni di beberapa Fakultas di lingkungan Unsam.

Kepada Rektor Universitas Samudra, Bahtiar Akop, ketua IKA Universitas Samudra, dan sekretaris Syahrul Atan,SH,MH juga menyampaikan Petisi antara lain:

1. Menghimbau kepada Rektor Universitas Samudra dan Pemilihan Panitia Seleksi Pemilihan  Rektor Universitas periode 2021-2025 agar menjalankan mekanisme pemilihan calon rektor universitas sesuai ketentuan berlaku.

2. Meminta Rektor Universitas Samudra untuk berlaku netral dan tidak melakukan hal-hal tertentu yang diduga bertujuan memenangkan salah satu kandidat calon rektor universitas Samudra periode 2021-2025.

3. Meminta agar di libatkan pengawas eksternal  independen untuk mengawasi setiap tahapan pemilihan calon rektor universitas samudra.

4. Kami alumni Universitaa Samudra akan terus mengawal dan memantau jalannya semua tahapan pemilihan calon rektor universitas samudra periode 2021-2025 sampai dengan terpilihnya rektor universitas Samudra definitif.

Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut, Ketua IKA Fakultas Hukum, Muslim Agani,SH,  (FH) menyebutkan selaku alumni meminta pemilihan rektor universitas samudra harus dilakukan secara independen.

BACA JUGA :   Seknas Jokowi Minta Kasus Ulang Tahun Khofifah Diusut Tuntas

“jangan alumni yang di curigai, sementara orang yang mendatangi kami yang harus di curigai. Jangan salah kaprah dalam menilai komentar para alumni” ujar Muslim.

Hal senada juga disampaikan Ketua IKAFES, Firman Dandy,SE,MSi menyebutkan pemilihan rektor harus dilakukan secara  jujur, netral dan tidak mengambil tindakan untuk kemenangan salah satu calon tertentu.

Sementara Wakil Ketua Alumni Fakultas Pertanian, Ir Nurdin MCH mengatakan alumni tidak punya kepentingan pemilihan calon rektor, namun ada isue diluar sana merasa terpanggil.

Rektor dan Panitia Pemilihan bisa adil, jujur dalam proses pemilihan Rektor unsam kali ini. Dan siapa pun yang terpilih demi kebaikan Unsam kedepannya.

Terakhir alumni Fak FKIP, Ngatiman T,SPd, mengatakan ada 5 calon merupakan terbaik bagi Universitas Samudra,  ini selama prosesnya yang baik maka hasilnya akan baik juga.

Menangapi Audensi Ikatan Alumni, Rektor Universitas Samudra, Dr Bahtiar Akop,M.Pd mengatakan proses pemilihan Rektor akan dipilih oleh senat, ada 73 Senat yang memilih Rektor termasuk utusan Kementerian 35 Persen, ujar Ketua Senan Unsam.

Dan 5 orang yang mendaftar dirinya semua diberi izin oleh Rektor, untuk maju sebagai Rektor Unsa priode 2021/2025.

Sesudah mendaftar itu menjadi urusan panitia pemilihan yang anggotanya mengwakili seluruh fakultas dalam lingkungan Unsam Langsa.

Dan yang menentukan panitia pemilihan pun bukan kami sendiri, namun ada anggota senat Universitas.

BACA JUGA :   CEO Elhanief Tour & Travel Divonis

Dalam kesempatan ini saya secara pribadi menegaskan tidak akan mencampuri kegiatan panitia pemilihan, ujar Bahtiar Akop.

Dan siap menjalankan pemilihan ini secara jujur dan adil, pinta nya lagi.

Silakan pantau bersama, ujar Dr Bahtiar Akop. S.Pd. M.Pd, dalam rangka pemihan Rektor Unsam agar tidak ada yang berlaku curang, kontestan juga silakan berjuang, untuk mencari suara.

Lebih lanjut dikatakan nya kepada kelima calon silakan cari suara, tidak ada yang larang, hak semua calon berjuang silakan saja, ujarnya lagi.

Kami tidak mau campur tangan, silakan calon yang penting lakukan dengan baik dan fer.

Siapa pun yang menang mohon di hormati, karena dari 5 calon, nanti setelah dilakukan Visi dan Misinya, akan tinggal 3 orang calon.

Dari 3 orang inilah nantinya akan terpilih satu orang untuk menjadi Rektor Unsam Priode 2021-20215. Kita minta semua pihak agar hormati proses pemilihan ini, karena Panitia sudah bekerja dengan baik, tutup Bachtiar.

Sepeti sebelumnya yang di beritakan media ini pada tanggal (24/05/2021).

Lima Kandidat Calon Rektor Unsam Priode 2021- 2025 silakan bersaing, tidak ada calon yang di intervensi.

Pemilihan Rektor Universitas Samudra (Unsam) kali ini, tidak ada politik dan pemilihan Rektor tidak sama dengan pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

BACA JUGA :   Kadiskes Simeulue Bantah Pernyataan LPLA Soal Penetepan Pemenang Tender Menyalahi Aturan

Pemlihan Rektor Unsam hanya di pilih oleh 65 persen Senat atau 73 Suara, dari jumlah Dosen yang ada di Unsam, dan dari kementrian sebanyak 35 persen suara.

Dr. Ir. Hamdani, MT

Jadi pemilihan Rektor tidak seheboh seperti Pilkada, semuanya sudah di atur dengan ketentuan, dan juga penjaringan calon dibuka seluas luasnya, demikian disampaikan oleh Dr Bukhari, SPd.M Pd selaku ketua panitia penjaringan Rektor Unsam kepada sejumlah Wartawan di Kampus Unsam Senin (24/5/2021) sore.

Dr. Asnawi, SPd, MPd,

Tidak ada masalah menyangkut pencalonan Calon Rektor Unsam, biasa siapa saja asal memenuhi kriteria silakan mencalonkan diri, tidak ada yang di tutupi dan tidak juga yang di interpensi semua calon yang sudah lulus seleksi awal silakan berjuang, ujar Bukhari yang juga pembantu Rektor III Unsam.

Ada 5 nama yang sudah lulus di penjaringan untuk masuk dalam bursa calon Rektor.

Kelima calon itu adalah orang orang terbaik di Unsam, dan paling tidak mengabdi di Unsam.

Untuk menjadi orang nomor satu di Universitas Samudra yang berada di Jalan Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Provinsi Aceh, silakan berjuang nanti nya mulai dari visi dan misinya sampai penetapan dari 5 orang calon nanti menjadi 3 orang, sebut Bukhari lagi.

UPDATE CORONA