Nah, Kira-kira Apa Saja Kelebihan Kopi Sidikalang Ini?

oleh -100.489 views
Nah

IDUL FITRI

Sidikalang I Realitas – Nah, kira-kira apa saja kelebihan Kopi Sidikalang ini?, Berikut telah dirangkum 7 keistimewaan Kopi Sidikalang. Mari bahas satu persatu.

  1. Kualitas Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang berasal dari biji kopi robusta yang dikenal memiliki kadar kafein tinggi, mencapai 70-80%. Artinya, kurang lebih dua kali lipat dari kadar kafein kopi arabika.

Dengan kondisi tanah yang mendukung, juga membuat kualitas kopi robusta Sidikalang semakin disegani, Tanaman kopi sebaiknya tumbuh di atas minimal 700 mdpl. Dan rata-rata kopi Sumatra tumbuh di atas 1000 mdpl.

Sehingga, kualitas biji kopi yang dihasilkan memiliki fisik dan karakter rasa yang lebih kuat. Itulah yang membedakan kopi Sumatra dari kopi jenis lainnya, Kopi ini juga sudah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis dengan nomor registrasi IG002018000021.

  1. Harga Terjangkau

Saat ini kopi arabika di pasar internasional dibanderol dengan harga 3,2 dollar AS per kilogram. Sementara kopi robusta 1,5 dollar AS, harga tersebut hampir separuhnya.

Dengan perbandingan harga tersebut juga berpengaruh terhadap penjualan domestik, Akibat nilai ekonomisnya yang rendah, masyarakat atau petani kopi di Sidikalang mulai beralih menanam kopi Arabika yang pohonnya tidak begitu tinggi dibandingkan dengan kopi robusta.

  1. Ragam Pilihan

Saat ini, kita dapat memilih jenis kopi apa yang akan kita minum atau beli. Sama-sama nikmat dan murah tentunya, Seiring perkembangan zaman, masyarakat Sidikalang bukan hanya menanam satu jenis kopi saja.

Hal ini memungkinkan untuk mampu bersaing di pasaran dan mampu memanjakan lidah kita dengan jenis dan cita rasa yang tetap terjaga, Jenis kopi Sidikalang yaitu, kopi robusta, kopi arabica, kopi ekselsa, kopi racemosa, kopi liberica (african coffee) dan kopi luwak.

UPDATE CORONA