Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Wisuda 460 Lulusan

oleh -172.489 views
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Wisuda 460 Lulusan

IDUL FITRI

Langsa I Realitas – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mewisuda 460 lulusan yang dilakukan secara Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring), berlangsung di aula laboratorium kampus setempat, Kamis (17/6/2021).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA menyebutkan, Kegiatan Wisuda Sarjana Strata Satu (S1) dan Strata Dua (S2) IAIN Langsa yang dilaksanakan merupakan proses kegiatan akademik satu semester ganjil tahun akademik 2020/2021 yang telah menghasikan lulusan sebanyak 460 orang.

Suhaili merincikan, untuk lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan berjumlah 126 orang yang terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) berjumlah 28 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), 12 orang, Prodi Pendidikan Matematika (PMA), 13 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), 26 orang, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), 36 orang, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), 11 orang.

Fakultas Syariah sebanyak  107 orang yang terdiri dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), 57 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), 23 orang, Prodi Hukum Tatanegara Islam (HTN), 20 orang, Prodi Hukum Pidana Islam (HPI), 7 orang.

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah sebanyak : 63 orang yang terdiri dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), 16 orang, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), 42 orang, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), 4 orang, Prodi Ilmu Hadis (IH), 1 orang.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak : 131 orang terdiri dari Prodi Perbankan Syariah (PBS), 50 orang dan Prodi Ekonomi Syariah (EKS), 81 orang.

Sedangkan untuk Program Pascasarjana sebanyak 33 orang yang terdiri dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), 9 orang, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), 13 orang dan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 11 orang.

“Sementara beberapa Prodi lainnya belum ada yang menyelesaikan sarjana merupakan Prodi yang baru dibuka perkuliahan selama 3 (tiga) tahun terakhir baru memasuki semester VIII perkuliahan,”imbuhnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA mengatakan, Pengembangan IAIN Langsa untuk menjadi perguruan tinggi yang berkualitas menjadi rujukan umat Islam, memiliki kewibawaan akademik, menghasilkan berbagai tawaran ilmiah dan memiliki pengaruh dalam skala Internasional, maka orientasi ke depan adalah pada integrasi keilmuan, untuk  itu IAIN Langsa sedang menata sistem pengelolaan yang lebih baik dan terpadu (digitalisasi) dan berkesinambungan bukan saja untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan bangsa, tetapi juga memperhatikan kemajuan yang dihadapi bangsa-bangsa lain terkait era revolusi industri 4.0 dan era globalisasi.

UPDATE CORONA