YARA Aceh Barat, Mensinyalir Adanya Pasokan Minyak dari PT Pertamina ke Penambang Emas Ilegal

oleh -200.489 views
Pasokan
Foto : Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Kabupaten Aceh Barat Hamdani

IDUL FITRI

Aceh Barat I Realitas – Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Kabupaten Aceh Barat Hamdani,  mensinyalir adanya pasokan minyak dari PT Pertamina bagi para penambang emas ilegal di Kabupaten Aceh Barat.

Adanya dugaan tersebut, karena kami sudah beberapa kali menerima laporan dari masyarakat setempat akan adanya mobil tanki dengan berpadu putih dan biru melakukan pembongkaran minyak ke penambang.

REALITAS TV

berdasarkan data yang kami peroleh ada beberapa unit mobil tanki paduan putih biru yang acap kali masuk kesana secara bergantian, ujar ketua YARA perwakilan Kabupaten Aceh Barat Hamdani kepada Wartawan (26/4/2021).

Lebih lanjut kita itu pernah mendapat data berupa foto mobil dengan paduan warna putih dan biru.

Di mobil tersebut bertuliskan nama sebuah perusahaan mitra PT Pertamina dalam penyaluran minyak industri. Yang kita tahu mobil berpadu putih biru itu minyak industri, dan biasanya minyak industri itu di beli langsung ke pertamina.

Menurut kami, jika tidak ada pasokan minyak dalam skala besar sudah pasti para penambang emas ilegal yang beroperasi di beberapa Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat tersebut tidak dapat beroperasi.

karena setiap alat berat yang beroperasi membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) baik untuk menghidupkan escavator atau beko maupun asbuk.

Jika hanya mengandalkan minyak yang dibeli di SPBU, apakah mungkin mencukupi. Jika mencukupi ada berapa SPBU yang menyediakannya.

Karena pasti untuk beroperasi satu alat berat jika hingga satu bulan saya yakin tidak cukup seratus atau dua ratus liter. Ditambah lagi dengan jumlah alat beroperasi yang kami dengar itu capai ratusan alat dilokasi tambang.

jika pun ada pasokan minyak secara minyak subsidi yang dibeli dari SPBU, maka tidak akan cukup dengan SPBU yang ada di Aceh saja akan tetapi pasokan dari SPBU seperti dari provinsi sumatera utara pastinya juga ada.

Untuk itu, Coba PT Pertamina membuktikan jika memang tidak terlibat mendukung pasokan minyak dalam skala besar bagi para penambang emas ilegal di Kabupaten Aceh Barat dengan melakukan pengawasan ketat.

Pengawasan juga jangan dilakukan di SPBU saja. Akan tetapi juga terhadap mobil-mobil tanki pengangkut minyak solar industri dan subsidi, dengan sesekali terjun kelokasi bersama polisi.

Pertamina juga berhak mengambil tindakan jika menemukan banyaknya drum minyak penampung solar skala besar yang dicurigai dikawasan-kawasan yang berdekatan dengan lokasi tambang ataupun langsung dilokasi tambang.

Jika ini tidak dilakukan berarti pertamina tidak bisa menyangkal ikut mendukung adanya pasokan minyak ke penambang emas ilegal tersebut. (*)

UPDATE CORONA