Warna-Warna dan Kecerian Bersama di Bulan Ramadhan

oleh -191.489 views
Bulan ramadhan
Foto : Siti Mawan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri IAIN Langsa

IDUL FITRI

Oleh : Siti Mawan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri IAIN Langsa Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah

Bulan ramadhan merupakan bulan  yang dinanti oleh semua umat muslim dari anak-anak hingga yang dewasa terutama di aceh.

REALITAS TV

Ramadhan merupakan event yang sangat tepat melibatkan anak-anak seperti membuat kegiatan lomba tahfiz anak, pembacaan surah-surah pendek dan membaca do’a sehari-hari selain seru pastinya kegiatan ini bisa menjadi amalan loh sahabat.

Aceh merupakan daerah yang mayoritasnya masih kental nuansa realiginya ketika menyambut bulan suci ramadhan. Berbagai macam tradisi yang dilakukan di aceh, bahkan tradisi tersebut pun masih dilakukan sampai sekarang.

Meugang merupakan tradisi atau kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat aceh, maka tidak heran seluruh pasar di aceh dibanjiri dengan para pedagang dan dibanjiri dengan banyaknya para pembeli yang membeli daging utuk dimasak dan disantap bersama keluarga besar dirumah, inilah salah satu momen yang paling dinantikan untuk menyambut bulan suci ramadhan. Pada hari meugang biasanya anak, sanak saudara akan berkumpul dirumah orang tuanya untuk berkumpul dengan keluarga besar.

Pada hari meugang di aceh terdapat orang-orang yang membuat acara  syukuran karena telah dipertemukan kembali dengan ramadhan tahun ini atau kenduri menyambut bulan suci ramadhan dengan mengundang penduduk disekitarnya untuk membacakan do’a menyambut bulan suci, dan mengundang beberapa anak yatim, piatu, dan yatim-piatu. Meugang di aceh dalam setahun tiga kali, yaitu sebelum ramadhan, sebelum hari raya idul fitri dan sebelum hari raya idul adha (lebaran haji).

Masakan meugang berbeda-beda tergantung khas didaerah nya masing-masing, bahkan satu rumah bisa memasak daging dengan macam-macam olahan. Di aceh utara, pidie dan bireun biasanya mengolah daging meugang menjadi kari dan sop.

Kari di aceh begitu enak rasanya. Nagan raya, aceh barat daya, aceh barat dan aceh selatan daging meugang diolah dengan gulai merah dan memiliki cita rasa yang pedas seperti masakan padang. Aceh besar biasanya mengoah daging meugang mejadi daging asam keueung, sie reboh atau daging yang dimasak dengan asam cuka.

Selain daging masyarakan aceh juga memasak makanan lain dan makanan ini juga menjadi tradisi di setiap hari meugang.

Terdapat beberapa jenis makanan yang dihidangkan dihari meugang seperti tape (ketan yang difermentasikan) kemudian leumang (makanan dari ketan yang dimasukkan dalam bambu kemudian dimasak dengan cara di panggang di api yang sedang) kemuda timpan (makanan khas aceh yang dibuat dari tepung diisi dengan kelapa ataupun bisa menggunakan selai srikaya lalu dibalut dengan daun pisang dan kemudia dikukus.

Bulan Ramadhan adalah bulan ke sembilan dan pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sampai meugang hari raya idul fitri. Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta menahan segala hawa nafsu, puasa itu hukumnya wajib loh sahabat. Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan.

Lakukanlah hal-hal yang baik pada bulan suci ramadhan, umat muslim pada bulan ramadhan merebut mencari pahala yang melimpah dengan melakukan kegiatan yang positif.

Terdapat beberapa keutaman bulan ramadhan, yaitu;

UPDATE CORONA