Tradisi Takjil Yang Selalu di rindukan Saat Ramadhan Datang

oleh -92.489 views
Tradisi

IDUL FITRI

Istilah takjil yang dulu tak dikenal kini populer di bulan Ramadhan. Entah siapa yang memulai, sekarang takjil didefinisikan sebagai hidangan untuk berbuka puasa, terutama makanan dan minuman manis yang disantap sebelum berlanjut ke menu utama.

Padahal, jika dilihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takjil berarti mempercepat (dalam berbuka puasa). Hal ini sesuai dengan akar katanya dalam Bahasa Arab, yakni ajila atau menyegerakan. Takjil adalah kata kerja, bukan kata benda yang berarti makanan untuk berbuka puasa.

REALITAS TV

Bisa jadi, awal mula kata takjil terbentuk adalah karena orang-orang Arab menyegerakan berbuka puasa dengan kurma.

Jadi, kurma dianggap sebagai salah satu jenis takjil, yang kemudian berkembang menjadi makanan dan minuman kecil untuk memulai berbuka puasa. Jadi maksud Ta’jil/Takjil adalah penyegeraan membatalkan puasa dengan makanan pembuka.

Tradisi takjil Sudah bukan menjadi rahasia umum, ini menjadi satu aktivitas menyenangkan di bulan Ramadan selain ke masjid dan ibadah lainnya adalah berburu makanan berbuka puasa.

Bagi pecinta kuliner, tidak akan melewatkan momen berburu makanan takjil di bulan ramadhan baik apakah ketika akan mengisi waktu berbuka ataukah menjadi rutinitas pada bulan ramadhan.

Pedagang-pedagan takjil musiman juga sangat mudah ditemui dipinggir jalan dengan lapak-lapak sederhananya.

Di pasar Kota Langsa tepatnya, pedagang-pedagang takjil juga sangat mudah dijumpai. Hampir disepanjang jalan kita dapat melihat para penjual takjil yang menjual berbagai macam jenis olahan makanan yang enak dan minuman yang segar. Seperti aneka buah-buahan, kue, hingga kelauk pauk.

Siapa sih yang tidak tergiur dengan makanan dan minuman tersebut. Saya sendiri juga tergiur sekali, hampir tidak tahu ingin membeli yang mana.

Setiap pukul 16.00 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa beberapa ruas jalan yang banyak pedagang takjil, selalu ramai sehingga kerap menimbulkan kemacetan. Meskipun demikian para pengatur lalu lintas selalu sigap membuat kondisi jalan tetap aman dan lancar.

Rasa syukur hadirnya bulan suci Ramadhan ini sangat dirasakan oleh para pedagang yang menyajikan takjil dan kuliner untuk berbuka.

Nah berikut ini adalah ada beberapa Takjil Buka Puasa yang khas dan hampir ada di setiap daerah ada selama Ramadhan.

Kolak pisang atau labu kuning

Takjil pertama yang selalu dirindukan banyak orang adalah Kolak. Makanan manis satu ini bisa disajikan hangat ataupun menggunakan es dan rasanya dingin.

Kolak memang disukai banyak orang, karena selain rasanya manis kolak mengandung bahan yang menyegarkan dan mengembalikan energi tubuh setelah puasa.

Es Buah

Es buah juga menambah energy tubuh anda dengan rasa manis dari susu dan juga sirup berbagai rasa. Dengan mengonsumsi es buah ini bisa memberikan tenaga untuk anda yang ingin menjalankan ibadah solat maghrib tanpa merasa kekenyangan.

Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan takjil buka puasa yang terbuat dari tepung beras. Teksturnya halus dan membuat banyak orang merasa ketagihan. Selain itu bubur akan disiram oleh gula caramel yang dibuat dari gula merah. Rasanya tentu manis dan dalam satu porsi bubur sumsum sudah cukup untuk mengenyangkan perut lapar.

Kurma

Mengonsumsi kurma merupakan anjuran dari Rasulullah SAW bagi umat islam. Karena khasiatnya yang banyak, selain itu kurma diklaim sebagai buah yang menyehatkan. Ditemani dengan teh manis dijamin tenaga anda pulih.

Es Cincau Hitam

Cincau merupakan makanan yang memang ada ketika dihari-hari biasa. Namun ketika ramadhan es cincau hitam menjadi juara masyarakat yang berbuka puasa. Cincau merupakan makanan yang bisa menghilangkan dan menurunkan suhu tubuh yang meningkat karena berpuasa seharian. Apalagi jika anda mengonsumsi makanan berminyak atau pedas ketika berpuasa, maka cincau bisa menetralkan rasa panas dalam tubuh.

Es Kelapa Muda

 Kelapa muda yang banyak dijadikan pelengkap camilan untuk berbuka puasa. Biasanya dijadikan es kelapa segar dengan tambahan sirup gula merah. Bisa juga dijadikan campuran untuk es buah dengan ragam buah lainnya.

Timun Suri

Memasuki bulan Ramadhan, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan timun suri. Timun suri sering diburu karena daging buahnya yang tinggi air bisa menyegarkan saat berbuka puasa. Buah berwarna kuning terang ini juga mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh.

Oleh: Eva Mayharni

Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Langsa

UPDATE CORONA