Setitik Harapan di Paud Desa Bagi Generasi Bangsa

oleh -143.489 views
Desa
Hesti Ramadani Mahasiswi IAIN Langsa

IDUL FITRI

Oleh : Hesti Ramadani Mahasiswi IAIN Langsa

Apa sih paud itu? Apakah paud desa itu sangat penting untuk dikembangkan? Bisakah paud desa menjadi harapan bagi generasi bangsa? Mari kita bahas satu per satu.

REALITAS TV

Berdasarkan Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membentu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 ayat 14). PAUD juga merupakan Lembaga Pendidikan bagi anak usia dini yang di tujukan untuk usia 0-6 tahun.

Kota Langsa sendiri merupakan sebuah kota yang berada di antara Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Timur.

Kota Langsa terdiri dari 5 (lima) kecamatan yang terdiri dari : Kecamatan Langsa Kota, Kecamatan Langsa Barat, Kecamatan Langsa Timur, Kecamatan Langsa Baroe dan Kecamatan langsa Lama, yang membawahi sebanyak 66 (enam puluh enam) Gampong, hampir di seluruh desa yang ada di Kota Langsa memiliki Paud Desa salah satu nya yaitu Desa Meurandeh Teungoh.

Paud desa adalah salah satu sekolah yang didirikan dan dinaungi oleh desa itu sendiri.

Paud desa merupakan lembaga pendidikan yang berguna bagi masyarakat sekitar yang memiliki keterbatasan biaya untuk bersekolah di yayasan atau negeri. Sekolah ini merupakan sebuah harapan yang menjadi tujuan utama untuk belajar.

Selama paud ini didirikan, kegiatan belajar mengajar berjalan dengan sangat baik dan secara normal.

Namun sejak pandemi Covid-19 hadir di tengah-tengah masyarakat, secara perlahan semua kegiatan tidak lagi berjalan dengan baik dan terpaksa harus lockdown karena mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Dampak dari pandemi Covid-19 itu sendiri sangat berpengaruh terutama pada bidang perekonomian dan juga pendidikan.

Di bidang perekonomian, masyarakat beresiko kehilangan pekerjaan sehingga menyebabkan penghasilan berkurang atau bahkan hilangnya penghasilan mereka. Sedangkan di bidang pendidikan yaitu banyak nya sekolah-sekolah yang tutup dan berhenti sampai di nyatakan semua aman.

Pendidikan yang berpengaruh dan menjadi buah bibir di kalangan banyak orang yaitu pendidikan anak usia dini. Hal ini disebabkan ketidakefektifan jika anak usia dini harus berlajar secara daring (online).

Anak usia dini itu belajarnya masih harus secara konkrit ataupun nyata karena di usia mereka saat ini merupakan masa-masa prasekolah yang artinya harus memungkinkan belajar secara tatap muka.

Pendidikan anak usia dini saat ini menjadi perbincangan hangat setiap kalangan masyarakat. Karena paud menjadi dasar pendidikan yang mampu membentuk dan menciptakan generasi penerus bangsa yang hebat.

Generasi yang hebat akan dapat membangun bangsa yang hebat di masa mendatang.

Tetapi jika paud desa tidak berjalan, bagaimana peluang bagi anak-anak yang memiliki kemampuan lebih namun keterbatasan biaya.

Maka semua itu perlu adanya tinjauan kembali dari pihak-pihak yang terkait dengan lembaga tersebut.

Supaya harapan-harapan mereka untuk bisa belajar bisa terwujud dan kedepannya mereka dapat meraih cita-citanya sesuai dengan yang mereka inginkan.

Generasi bangsa  merupakan penerus atau tonggak untuk kemajuan bangsa ini, karena mereka bangsa memerlukan generasi-generasi yang aktif, kreatif, inovatif sehingga bangsa ini bisa maju seperti negara-negara lainnya.

Untuk membentuk generasi yang hebat juga harus dimulai dari awal atau dasar yaitu pada masa kanak-kanak. Oleh karena itu, anak-anak harus melewati jenjang pendidikan anak usia dini sebelum memasuki jenjang sekolah dasar.

Pendidikan anak usia dini yang tepat dan dapat memberikan stimulus yang tepat juga, maka akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Itu sebabnya pendidikan anak usia dini sangat penting apalagi di desa-desa. Namun dikampung saya sendiri yaitu Desa Meurandeh Teungoh, PAUD desa yang menjadi satu-satunya harapan warga ditutup selama setahun terakhir ini dikarenakan pandemi Covid-19.

Hal ini sangat di sayangkan padahal paud ini begitu berguna bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan biaya untuk menyekolahkan anaknya.

Selama pandemi penghasilan suami saya berkurang, jadinya saya belum mampu untuk menyekolahkan anak saya tahun ini di paud yayasan, karena biasanya anak saya sekolah di paud desa yang biayanya terjangkau.

Saya sedih karena paud desa yang menjadi harapan masyarakat harus tutup akibat pandemi Covid-19,” ujar Ibu Sulis. Dari sini terlihat jelas bahwa paud desa sangat penting bagi masyarakat desa.

Walaupun paud desa masih terbilang belum terlalu maju daripada paud yayasan, tetapi paud desa juga mampu menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas dengan pendidik yang berkualitas juga.

Haruskah harapan-harapan itu pupus akibat dampak dari pandemi Covid-19? Sebagai generasi milenial juga dapat berperan penting untuk membantu mewujudkan semua harapan tersebut.

Dengan cara mengembangkan kembali paud desa yang sementara berhenti dan juga dibantu oleh pihak-pihak yang berkaitan dengan lembaga tersebut.

Dalam waktu dekat akan diusahakan paud desa berjalan lagi semana mestinya, semoga paud desa dapat berguna bagi banyak orang,” ujar Pak Yaqin selaku Geuchik Desa Meurandeh Teungoh.

Untuk menjalankan kembali paud desa ini juga pasti memerlukan strategi-strategi yang tepat supaya kegiatan belajar mengajar dapat berjalan baik serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah.

Kami selaku perangkat desa juga sedang memikirkan strategi bagaimana yang cocok digunakan, itulah sebabnya paud desa ini belum dibuka walapun sekolah-sekolah lain sudah buka dan melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa,” ujar Pak Budi selaku Tuha Peut Desa Meurandeh Teungoh.

Meskipun pandemi masih belum hilang sepenuhnya, kita semua berharap agar paud desa tetap berjalan dan anak-anak yang seharusnya bisa sekolah dan belajar bersama guru serta teman-temannya dapat terwujud sesuai harapan mereka.

Harapan mereka adalah masa depan bangsa. Bangsa yang hebat adalah bangsa yang dapat menghasilkan generasi berkualitas dimulai dari pendidikan anak usia dini.

Paud desa sangat penting dikembangkan seperti paud yang ada di yayasan, karena jika paudnya berkualitas pasti banyak orang-orang luar yang akan tertarik untuk sekolah di paud tersebut.

Tetapi untuk mewujudkan itu semua harus adanya dukungan dari semua kalangan masyarakat dan juga seluruh perangkat desa supaya paud maju dengan baik.

Saya selaku mahasiswa IAIN LANGSA dari jurusan PIAUD siap untuk berdedikasi dan mengabdi dalam mengembangkan paud desa di tempat tinggal saya sendiri.

Semoga harapan ini dapat berjalan dengan baik tanpa mengecewakan pihak manapun. Karena harapan anak-anak desa juga bergantung pada sekolah ini.

Dari masalah yang ada maka saya berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik bagi anak-anak desa yang ingin bersekolah agar harapan mereka dapat terwujud, namun sayangnya mereka memiliki keterbatasan biaya.

Oleh karena itu, saya berupaya melakukan pembelajaran ke setiap rumah-rumah yang anaknya bersekolah di paud desa.

Supaya mereka tetap bisa belajar dengan baik dan memperoleh pengetahuan khususnya Pendidikan anak usia dini.

Memang pembelajaran di rumah tidak terlalu menyenangkan seperti di sekolah yang ramai dengan teman-temannya dan juga para guru, tetapi saya berusaha melakukan yang terbaik sehingga membuat anak nyaman dan senang.

Sebaliknya, belajar di rumah juga memiliki pengaruh yang positif bagi anak maupun guru yaitu anak dapat belajar secara intens tanpa ada gangguan dari teman-temannya dan juga guru lebih leluasa untuk memberikan pembelajaran pada anak sehingga anak dapat fokus dengan baik.

Oleh karena itu, selama paud desa ditutup saya mengajar atau melakukan kegiatan belajar mengajar satu per satu di rumah anak yang bersekolah di paud tersebut serta tetap selalu mematuhi Protokol Kesehatan.

Jika nanti paud desa di buka kembali seperti biasanya, saya berharap Protokol Kesehatan tetap diberlakukan di lembaga tersebut maupun di kalangan masyarakat.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu harus ada ketegasan dari perangkat desa dan juga pengurus lembaga paud tersebut.

Mari bersama kita lawan pandemi Covid-19 dengan selalu menjalankan 3M (Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Memakai Masker), jika bersatu mudah-mudahan di lancarkan segala ikhtiar kita, teruslah perbanyak doa kepada Allah SWT. Berat sama di pikul ringan sama di jinjing.

UPDATE CORONA