Peran Mahasiswa dan Dosen di Gampong Aceh

oleh -100.489 views

IDUL FITRI

Banda Aceh | Realitas – Dosen FKIP Universitas Serambi Mekkah yaitu Herlina, SE., M.Si didampingi tiga orang mahasiswanya mengunjungi Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Tanjong Adee Beumakmue di Desa Tanjung, Lhoknga, Rabu (12/4/2021).

Herlina selaku dosen Pendidikan Ekonomi mengungkapkan bahwa kunjungan ini masih sebatas kegiatan observasi awal sebagai upaya menggali potensi desa tersebut yang nantinya dengan data lapangan yang didapat, selanjutnya akan dilakukan pendampingan dalam bentuk pengabdian dosen dalam frame pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

REALITAS TV

Dosen muda ini berharap terjalin kerjasama yang baik dan berkelanjutan antara desa atau BUMG Tanjung yang telah berdiri lebih dari 2 tahun dalam program Kampus Merdeka oleh Kemendikbud saat ini.

Bulan suci ramadhan bukanlah sebuah hambatan bagi Gampong Tanjung menyambut kedatangan Tim dari Universitas Serambi Mekkah, bahkan cuaca yang cerah justru membuat para struktur BUMG antusias dalam berdiskusi membahas berbagai masalah gampongnya.

Pimpinan BUMG yaitu T.Yusran yang akrab dipanggil Pak Yuh terjun langsung ke lapangan saat membawa Tim ke seluruh titik BUMG.

BUMG tersebut antara lain: unit usaha pembuatan batako, unit usaha simpan pinjam, unit usaha penjahit perempuan, unit usaha kedai kelontong, unit pembuatan kerajinan rotan, unit pembuatan rak bunga, unit pembuatan tahu dan tempe serta sapi perah.

Untuk unit yang terakhir disebutkan belum terlaksana secara optimal dikarenakan terkendala di masa covid.

Pak Yuh turut menyampaikan bahwa adanya keterbatasan dana untuk unit simpan pinjam.

Dari hasil diskusi menyimpulkan bahwa perlu adanya produk yang dihasilkan dan dikonsumsi oleh masyarakat desa setempat yang dimodali dan dikelola oleh dana gampong, bahkan produk tersebut diharapkan kedepannya dapat meningkatkan pendapatan BUMG sehingga pada akhirnya akan terjadi peningkatan Pendapatan Asli Gampong yang dapat disalurkan ke unit usaha simpan pinjam.

Tim FKIP Pendidikan Ekonomi sangat berterimakasih atas kesediaan pimpinan BUMG Tanjung yang menyambut kedatangan dengan bersemangat. Semoga ramadhan menjadi berkah bagi seluruh gampong Aceh di masa pandemic ini. (Zulfadli)

UPDATE CORONA