IKLAN YARA

Peran Kekompakan Dalam Hubungan Sosial

oleh -206.489 views
Foto : Mahasiswa IAIN Langsa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Luisa Pikazila
UPDATE CORONA

Oleh: Luisa Pikazila, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Langsa

Kita dilahirkan sebagai makhluk sosial, diciptakan untuk saling berdampingan, dalam hidup diperlukan kekompakan dan kebersamaan untuk menyatukan setiap kelompok.

Kekompakan dan kebersamaan sungguh indah dan terasa menyenangkan serta setiap orang pasti akan mengingat masa-masa kebersamaaan mereka baik dengan keluarga, rekan kerja, teman kelas, dll di masa lampau.

Kebersamaan dalam kekompakan seolah menjadi impian setiap orang yang diharapkan akan menjadi kenyataan.

Kenyataan untuk menghadirkan dan mempertahankan rasa kepedulian, kasih sayang, saling berbagi, rasa saling mengalah, saling menghormati dan kerukunan yang diiringi dengan canda tawa pembangun jiwa.

Kebersamaan adalah awal dari terciptanya kedamaian hidup antar manusia yang menjadi dasar terciptanya kekompakan.

Kekompakan adalah bekerja sama secara teratur dan rapi, bersatu padu dalam menghadapi suatu pekerjaan yang biasa ditandai adanya saling ketergantungan.

Sedangkan kebersamaan adalah segala sesuatu yang kita lakukan dan pikirkan selalu melibatkan orang lain, karena dampak dan hasilnya selalu dapat dirasakan bersama baik suka maupun duka, serta kita selalu merasa tenang dalam melakukannya karena hati kita selalu merasa bersama.

Contohnya seperti para pemuda desa Labuhan Keude, jln. Pajak Ikan Sungai Raya, Aceh Timur yang dimana mereka saling melengkapi dalam kegiatan seperti membuat sebuah kegiatan zikir Akbar, bergotong royong membersihkan mesjid, dan juga membantu ketika ada acara dikampung.

Walaupun pemuda desa Labuhan Keude kebanyakan sudah menikah, tetapi mereka masih ikut serta dan saling membantu ketika ada nya sebuah acara di desa tersebut.

Di desa Labuhan Keude terdapat dua lorong berbeda yang dinamakan lorong 1 jln. Pajak ikan Desa Labuhan Keude dan lorong 2 jln. Gajah meuntah Desa Labuhan Keude, tetapi walau mereka berbeda lorong mereka tetap kompak di desa tersebut.

Mereka bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan di desa tersebut, berbondong bondong mereka turun langsung kelapangan tanpa diminta atau disuruh untuk melakukan sesuatu.

Ketika mereka melihat sekelompok sedang melakukan pekerjaan untuk desa tersebut, satu persatu mereka datang untuk membantu menyelesaikan nya.

Dengan seperti ini akan membuat hubungan mereka lebih dekat dan damai tanpa ada nya sebuah pertengkaran.

Kebersamaan dan kekompakan memiliki hubungan yang erat. Tanpa ada kebersamaan, tidak akan ada kekompakan, begitu pula sebaliknya.

Kebersamaan dan kekompakan dapat tercipta dengan adanya kesamaan hobi, suku, pekerjaan, adanya waktu untuk berkumpul, dll.

Kekompakan dan kebersamaan tidak hanya dapat tercipta dalam suatu kelompok kecil, melainkan juga dalam suatu kelompok besar.

Mereka melakukan nya dengan ikhlas tanpa meminta imbalan apapun, dan juga mereka melakukan nya dengan senang sambil bercanda dan ketawa bersama.

Saya melihat hal itu merasa takjub dengan kebaikan mereka dan kekompakan mereka, karena saya pernah merasakan bagaimana susah mempertahankan sebuah kekompakan dan kebersamaan dalam sebuah kelompok.

Tetapi mereka berhasil membuat kekompakan dan kebersamaan itu bertahan sejauh ini tanpa ada nya perkelahian antar mereka. Dengan adanya pemuda seperti mereka akan membantu desa Labuhan Keude, kecamartan Sungai Raya menjadi lebih baik lagi.

Dan membantu menghidupkan desa Labuhan Keude, kecamatan Sungai Raya menjadi lebih hebat lagi. Kerja sama merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk mencapai sebuah cita-cita besar.

Kebersamaan dan kekompakan perlu kita lakukan untuk membesarkan diri kita dan orang lain. Bangunlah kebersamaan dan kekompakan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan jangan membangun kebersamaan dan kekompakan dalam keburukan.

Kekompakan memiliki dampak positif dan negatif, dampak positifnya adalah terjalinnya hubungan yang baik antar anggota atau manusia yang menyebabkan terciptanya kerukunan dan adanya sikap mau mengalah serta mengurangi kesalahpahaman.

Dampak negatifnya adalah ketika kekompakan yang dianut dalam artian yang salah, seperti perkelahian, tawuran, dll.

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar suatu kelompok itu baik adalah tetaplah bersikap baik, miliki inisiatif untuk saling menolong dalam menciptakan kebersamaan dan kekompakan.

Bangun relasi antar kelompok dengan baik, hindari sifat iri, hindari sifat sok berkuasa dan yang terutama adalah tetap jaga kebersamaan dan kekompakan yang telah dibangun.

Sama halnya dengan bermasyarakat dalam jenjang kuliah, diperlukan hal-hal tersebut. Mari biasakan diri untuk terus menanamkan konsep kebersamaan dan kekompakan dalam diri kita, mulai dari kelompok kecil hingga kelompok besar. Saya sudah merasakan rasanya jika ada kebersamaan dan kekompakan dalam suatu kelompok.

Tingkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan! Tanpa dua hal itu apapun yang kita lakukan akan terasa susah. Dengan adanya kebersamaan dan kekompakan, kita akan merasa nyaman, segala sesuatu terasa mudah dan kita tidak perlu menanggung beban atau masalah sendirian.

Tingkatkan kebersamaan dan kekompakan demi kepentingan bersama. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Tak ada gading yang tak retak, tak ada orang yang sempurna, belajarlah untuk memahami orang lain, dan terus jaga kebersamaan dan kekompakan. (*)