Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Lakukan Penelitian Satra

oleh -68.489 views

IDUL FITRI

Lampung Timur I Realitas – Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa dari kementrian pendidikan dan kebudayaan hari ini melakukan Penelitian tentang Satra lisan dan budaya yang ada di provinsi Lampung khusunya desa Sukadana kecamatan Sukadana kabupaten Lampung timur Senin (5/04/2021).

Berdasarkan surat tugas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no 45 tahun 2019 tentang organisasi dan tata kerja kementerian pendidikan kebudayaan Plt.

REALITAS TV

Kepala pusat pengembangan dan pelindungan bahasa dan sastra menugaskan Rahmat Hidayat, S.S. selaku Peneliti Ahli Pertama dan Radityo Gurit Ardho,S.S. sebagai Pengkaji Bahasa dan Sastra.

BACA JUGA :   Anggota Koramil 07/Tirtomoyo Pastikan Pelaksanaan Ibadah Sesuai Dengan Prokes

untuk melakukan pencarian Data pemetaan Satra dalam rangka kajian tematik pelindungan di kabupaten lampung Timur yang hari ini turun ke desa sukadana kecamatan Sukadana.

Disampaikan oleh Ahmad hidayat Tujuan Peneliti ini yakni untuk di pitalitas sastra, konserfasi sastra dan rifitalisasi sastra.

BACA JUGA :   Tokoh Papua Sebut KKB Yang Membantai Warga di Kabupaten Puncak

“Saya berharap untuk kaum pemuda untuk lebih peduli terhadap budaya sastra dan lisan di Lampung khusunya yang ada di sukadana ini dan kedepannya supaya bersama sama menjaga kelestarian budaya,” ungkapnya.

Selain itu dari penilitian hari ini juga mengulas tentang Ringget, bebandung dan sirih pinang yang langsung di jawab dan di jelaskan oleh Zainal Abidin Wahid gelar suttan paku alam dan Bermain gelar penyumbang batin selaku tokoh adat sukadana.

“Harapan saya untuk pemuda Lampung dan khususnya pemuda Sukadana untuk sama sama saling menjaga dan memelihara budaya Lampung untuk tetap lestari.

Amun Mak gham apo lagei Amun Mak Tano kapan lagei,” ujar Bermain gelar penyimbang batin salah satu tokoh adat sukadana. (Wanda)

UPDATE CORONA