Indahnya Nuansa Purple Beach ‘Pantai Ungu’ Bak Fatamorgana

oleh -141.489 views
Indahnya
Foto : Mahasiswa IAIN Langsa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Iin Sasmita.

IDUL FITRI

Oleh : Iin Sasmita Mahasiswa IAIN Langsa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.

Keindahan tak hanya berada pada sebuah pusat kota dengan sejumlah jajaran gedunggedung menjulang kelangit, disetiap sudut indonesia pasti memiliki ciri khas dari setiap daerah nya masing-masing, bahkan wisata yang dipamerkan dalam sejumlah akun sosial media.

REALITAS TV

Situs web bahkan diberbagai blog nasional memang sangat memukau dan menyita banyak perhatian publik tak hanya bagi kalangan masyarakat lokal bahkan hingga keluar daerah, dan tak menutup kemungkinan pula hingga manca negara.

Salah satu keindahan dunia yang menenangkan jiwa,menentramkan hati adalah keindahan laut, dengan hamparan pasir yang begitu memukau, suara ombak yang bergemuruh, laut biru yang memancarkan kilauan nya.

Tak heran jika hampir seluruh pantai di indonesia memiliki pengunjung diatas rata rata. Aceh merupakan salah 1 provinsi indonesia yang terletak di ujung sumtara, yang berada pada 5 o 2’-5 0 ,8’ Lintang Utara dan 95 o 80’-95o ,88’ bujur Timur.

Salah satu panorama yang saat ini tengah hangat diperbincangkan adalah wisata pantai ungu, yang berada di Kabupaten Aceh Utara tepatnya gampong lhook puuk, kecamatan seunuddon.

Pantai ini memiliki ciri khas yang sangat unik sehingga membuatnya berbeda dengan pantai-pantai lain yang khususnya berada di Aceh, keunikan nya tersebut mengundang banyak para wisatawan yang penasaran akan keindahan yang ditampilkan oleh pantai ungu ini.

Dengan sejumlah aksesoris yang bewarna ungu seperi bebangkuan dipesisir pantai yang serba ungu, bahkan sejumlah tempat persinggahan yang memamerkan warna ungu,yang sudah menjadikan ciri khas pantai ungu ini sendiri.

Tak heran jika peminat dari pantai ungu ini sendiri kian hari kian bertambah, walaupun lokasi pantai ini berada pada 35 meter dari lintas nasional medanbanda aceh, tak mempengaruhi minat wisatawan untuk tetap berkunjung ke pantai ini.

Hal yang perlu diperhatikan bagi pedagang sekitar adalah memiliki cenderamata (oleh-oleh khas), sebagai bukti jika pantai ungu memiliki berbagai ciri khas daerah.

Tak heran jika 5-10 tahun kedepan pantai ini bisa masuk kedalam daftar pariwisata bertaraf internasional yang dikunjungi oleh berbagai tourist dari berbagai negara di dunia layaknya sabang island.

Tentu banyak persoalan yang perlu di renovasi untuk perkembangan pada sektor pariwisata dengan tujuan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap pantai ini.

Terkhsus untuk pemerintah aceh utara agar kiranya lebih menuangkan perhatian lebih terhadap kondisi sekitar. Pembangunan suatu daerah yang memiliki wisata dengan ciri khas sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan daerah tersebut.

Dikarenakan dengan adanya perubahan-perubahan tersebut secara tidak langsung dapat menarik perhatian pemerintah nasional untuk turun melihat secara langsung bagaimana indah nya pantai ungu ini.

Saat ini peran pemerintah dalam perombakan tempat wisata sangatla berpengaruh baik dalam perbaikan jalan menuju lokasi atau hal lain nya. Akses-akses yang dapat memudahkan para wisatawan berkunjung perlu ditingkatkan sesegera mungkin agar wisata ini tidak kalah dengan wisata-wisata lain nya.

Bahkan hal yang terpenting yang harus diperhatikan oleh pemerintah adalah aktivitas yang berlangsung di pantai tersebut. Seperti penambahan-penambahan wahana layaknya pantai dewata yang memiliki sejumlah daya tarik seperti diving, watersports, banana boat, snorkeling dan lain nya.

Jika pemeritah sedikit lebih memerhatikan hingga ke poin terkecil pada bagian pantai tersebut maka tak menutup kemungkinan dapat mengalahkan pantai-pantai yang banyak dikunjungi oleh tourist-tourist.

Dengan berbagai sarana dan penyediaan wahana sekaligus dapat membantu msyarakat sekitar dalam meningkatkan perekonomian nya. Tingginya intesitas kedatangan wisatawan ke pantai ungu ibarat dua sisi mata uang.

Dimana satu sisi memiliki peran dalam membantu pemasukan usahawan dan disatu sisi menjadikan pantai ini sebagai pantai yang dapat dilirik oleh masyarakat luas.

Namun tak heran jika banyak sampah yang berserakan dimana-mana hal itu dikarenakan minim nya kesadaran dari pengunjung dalam meningkatka ekosistem laut.

Hal yang membuat pantai menjadi indah dan asri adalah dari pengunjungnya sendiri, jika pemerintah telah berupaya dalam memperbaiki berbagai sektor yang menghambat pertumbuhan pantai maka sudah menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai para pecinta laut sekaligus wisatawan haruslah menjaga kebersihan, kenyamanan dan keindahan laut kita.

Dengan menjaga hal-hal tersebut dapat membantu membersihkan polusi udara sekitar, sehingga memiliki polusi yang segar, tak heran banyak orang yang hidup di sekitar laut menjadi sehat dikarenakan laut yang bersih dan segar akan membawakan udara yang sehat pula.

Sudah saat nya kita mengembangkan wisata-wisata lokal dan mencintai daerah kita dengan mendedikasikan tenaga kita dalam upaya pembangunan dan perkembangan dilaut pantai ungu.

kearifan lokal dengan begitu dapat membantu menaikan eksistensi dan kepopuleran dari pantai tersebut. Bahkan dilansir dari berbagai sumber akurat kini pantai ungu memiliki wisatawan yang tak hanya berasal dari daerah lokal saja namun keindahan alam ini sudah terdengar hingga ke daerah-daerah luar provinsi, yang menjadikan tempat ini tak kunjung sepi dari minat nya para wisatawan.

Salah 1 penyebab terekspos nya pantai ungu ini dikarenakan para pengguna sosial media yang sangat aktif dalam membagikan situs-situs terkait dengan perkembangan dari pantai ungu ini, wajar saja jika pantai ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas. (*)

UPDATE CORONA