Riki Syahputra Terdakwa Kasus 40 Kg Sabu, Warga Aceh dan Wahyudi, Hendra Apriyono Surabaya Dituntut Hukuman Mati di PN Medan

oleh -276.489 views
40 Kg
Ilustrasi Sabu 4 Kg sabu

IDUL FITRI

Jakarta I Mediarealitas.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut hukuman mati terhadap tiga terdakwa dalam kasus narkoba jenis sabu-sabu seberat 40 Kg, di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (23/3/2021).

REALITAS TV

Para terdakwa itu, adalah Wahyudi (48), Hendra Apriyono (27). Keduanya, merupakan warga Jalan Keputran Kejambon, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya Jawa Timur. Sedangkan Riki Syahputra (24) warga Dusun Selanga, Desa Seuneubok Pidie, Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.?

Dalam amar tuntutan dibacakan oleh JPU Chandra Naibaho menyebutkan, ketiga terdakwa dinilai terbukti bersalah dan meyakinkan melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 

“Meminta kepada majelis hakim agar menjatuhkan hukuman kepada ketiga terdakwa dengan pidana mati,” kata Chandra di hadapan majelis hakim yang diketuai Abdul Kadir.

Dalam sidang yang digelar secara virtual tersebut, JPU Chandra menjelaskan hal yang memberatkan ketiga terdakwa karena tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika.

“Sedangkan hal yang meringankan tidak ditemukan,”kata Chandra.

Usai mendengarkan tuntutan dari JPU, majelis hakim yang diketuai Abdul Kadir menunda persidangan pekan depan dengan agenda nota pembelaan (pledoi) dari para terdakwa.

Mengutip dakwaan JPU Chandra, kasus berawal pada hari Rabu 15 Juli 2020 sekira pukul 21.00 WIB, terdakwa Wahyudi diajak terdakwa Hendra Apriyono untuk menjadi kurir sabu-sabu.

“Terdakwa Wahyudi diberikan semua fasilitas dan upah sebesar Rp2 juta yang akan diterima setelah pekerjaan mengambil narkotika jenis sabu tersebut berhasil dilakukan,” kata JPU.

UPDATE CORONA