Pelaku Usaha Harus Siap Perang Melawan Narkoba

oleh -749.489 views
Pelaku
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa, AKBP H Basri SH MH, berpose usai workshop bagi para pelaku usaha penggiat P4GN di Cafe Jimbaran Langsa, Rabu (16/03/2021) Foto : Rapian/mediarealitas.com

IDUL FITRI

Langsa | Mediarealitas.com – Para pelaku usaha maupun lingkungan swasta harus siap melawan narkoba, jangan ada pembiaran penyalahgunaan dan peredaran narkoba di lingkungan sekitar dengan mengampanyekan ‘WAR ON DRUGS’.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa, AKBP H Basri SH MH, saat membuka acara workshop penggiat P4GN di Cafe Jimbaran Langsa, Selas (16/03/2021).

Disamping itu juga, Basri, meminta harus ada salah satu figur di Instansi manapun yang dijadikan penyebar informasi bahaya nerkoba.

Hal itu secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap lingkungannya untuk menjauhi narkoba.

Para pelaku usaha atau lingkungan swasta harus menjadi mitra terbaik BNN dalam pelaksanaan P4GN.

Kendati begitu, juga berharap adanya strategi untuk memberdayakan masyarakat baik dari sisi life skill dengan konsep meningkatkan ekonomi masyarakat dan taraf hidup layak sehingga dapat hidup 100 persen, sadar, sehat, produktif dan bahagia.

Lebih lanjut, Basri, menyampaikan kepada peserta tentang jenis Narkoba dan penggolongannya serta sanksi Hukum sesuai Undang – Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sedangkan peran serta lingkungan swasta dalam percepatan pelaksanaan P4GN harus melaksanakan sesuai Intruksi presiden RI No. 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN.

“Para pelaku usaha dan instansi Swasta harus juga melaksanakan Perwal kota langsa No. 2 tahun 2019 tentang Fasilitasi pelaksanaan P4GN di wilayah kota langsa,” ujar Basri.

Eksentensi kegiatan yang ingin digapai adalah ketahanan diri, ketahanan keluarga, ketahan lingkungan dari ancaman bahaya narkoba, sehingga Langsa menjadi kota tanggap dari ancaman bahaya narkoba dan terciptanya Kota Langsa Bersinar (Bersih Narkoba).

Workshop penggiat P4GN lingkungan swasta yang dihadiri oleh 30 peserta juga menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai profesi dengan tema yang berbeda, seperti Kepala BNNK Langsa, AKBP H Basri dengan tema Narkoba dan permasalahannya, sedangkan Akademisi, Mawardi MA, dengan tema Public Speaking, Wakil Direktur RSU Langsa, dr. Indriany Eka Putri, pengetahuan dasar adiksi dan konseling, serta Praktisi, M. Iqbal SH, membawakan motivasi dan strategi dalam upaya P4GN yang pandu oleh moderator penyuluh Ahli Muda BNN Kota Langsa, Henny Puspa SKM.

Diakhir workshop Kasie P2M BNN Kota Langsa, Cut Maria SSos, meminta kepada peserta workshop, usai kegiatan maka secara serius melaksanakan P4GN di lingkungannya.

“Kami BNN Kota Langsa siap memberikan pendampingan untuk itu, dan berikutnya kita akan lakukan Monitoring evaluasi atas partisipasi dan secara mandiri pelaksanaan P4GN di lingkungan masing-masing dengan tetap mengkampanyekan ‘WAR ON DRUGS’,” imbuh Maria. (Rapian)

UPDATE CORONA