Mendikbud, Semua Sekolah Wajib Memulai PTM Terbatas Mulai Juli 2021

oleh -62.489 views
PTM
Foto: Mendikbud Nadiem Anwar Makarim

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas  – Pemerintah saat ini terus melakukan akselerasi untuk vaksinasi Covid-19 kepada pendidik/guru dan tenaga kependidikan (PTK) yang ditargetkan selesai Juni 2021 demi memastikan keamanan PTM.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyatakan, semua sekolah wajib memulai pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas mulai tahun ajaran baru Juli 2021.

REALITAS TV

“Kita harus mengejar ketertinggalan kita mengembalikan anak ke sekolah dengan protokol kesehatan seaman mungkin karena banyak anak-anak kita kurang mampu PJJ (pembelajaran jarak jauh, Red) akan makin ketinggalan,” ujar Nadiem saat mengumumkan keputusan bersama 4 menteri, Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Mendagri secara virtual, Selasa (30/3/2021).

Nadiem mengatakan, PJJ selama ini telah menimbulkan banyak kerugian karena munculnya banyak masalah psikososial termasuk kekerasan domestik dan kesehatan mental.

Lebihlanjut Nadiem menyebutkan, banyak orangtua yang tidak melihat peranan sekolah dalam proses belajar mengajar sehingga menyebabkan banyak anak ditarik keluar dari sekolah.

Nadiem menjelaskan, sekalipun pembelajaran tatap muka terbatas bersifat wajib untuk sekolah keputusan terakhir tetap berada di tangan orangtua siswa.

Secara terperinci, Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 menetapkan enam ketentuan dalam pembelajaran tatap muka, yaitu:

UPDATE CORONA