Zahra Siswi SMP Aceh Utara Jadi Kuli Bangunan Demi Bertahan Hidup, Ini Respons Camat Muara Dua Kota Lhokseumawe

oleh -112.489 views
Zahra, siswi SMP di Aceh yang jadi kuli bangunan demi bertahan hidup dan ibunya, Lela, di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (5/2/2021)(KOMPAS.com/MASRIADI SAMBO)

IDUL FITRI

Aceh Utara | Realitas – Zahra Siswi SMP Aceh Utara Jadi Kuli Bangunan Demi Bertahan Hidup, Ini Respons Camat Muara Dua Kota Lhokseumawe.

Camat Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Heri Maulana, membenarkan Zahra, siswi kelas tiga, SMP Negeri 5 Lhokseumawe memang dari keluarga miskin.

REALITAS TV

Gadis dengan tiga saudara dan satu ibu itu kini menetap sementara di gubuk reyot sementara di Desa Uteun Kot, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

BACA JUGA :   Gunakan KAL BOA Pangdam I/BB Kunjungi Satgas Pamops Pulau Terluar Perbatasan Indonesia - Malaysia

Rumahnya sendiri sedang dibangun hasil patungan guru sekolahnya di Desa Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

“Memang beliau dari keluarga kurang mampu, dan dari pemerintah gampong (desa) Meunasah Mee, Muara Dua sudah mengupayakan tanah untuk dibangun rumah kepada yang bersangkutan. Karena yang tempat dulu sudah tidak layak lagi,” kata Heri.

Dia menyebutkan, bantuan rutin makanan ada dibantu oleh aparat desa.

Namun, data yang diperoleh Wartawan, Minggu (07/02/2021) bangunan kayu yang sedang dibangun hasil patungan guru di SMP Negeri 5 Lhokseumawe dibangun di atas tanah milik desa.

BACA JUGA :   Webinar Serdik Sespimma Polri Digelar, Kapolda Aceh Menjadi Narasumber

Setelah berita ini viral, sejumlah pihak datang membantu ke lokasi. Salah satunya anggota DPRA Darwati A Gani. Istri mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf itu memberikan sepeda untuk Zahra dan sedikit uang tunai.

Zahra menyebutkan dirinya terpaksa kerap bolos sekolah untuk bekerja sebagai kuli bangunan seperti mengikat besi dan lain sebagainya.

BACA JUGA :   Gandeng LinkAja, BPJAMSOTEK Beri Kemudahan Pendaftaran dan Pembayaran Iuran

Dia berharap memiliki rumah permanen di atas nama ibunya sendiri. Sehingga bisa sekolah layaknya anak lainnya.

Gadis ini memiliki dua adik yang masih sekolah dan satu abang yang telah tamat SMA.

Berita ini viral di jagat media sosial Rasa kemanusiaan kita diketuk untuk membantu generasi ini agar berkembang layaknya anak lainnya di nusantara. (Kompas/Red)

UPDATE CORONA