Perubahan Data Kependudukan Kecamatan Bina Widya Segera Dilakukan

oleh -183.489 views
Perubahan Data

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Perubahan Data Kependudukan Kecamatan Bina Widya Segera Dilakukan.

Sejak diberlakukan pemekaran kecamatan di kota Pekanbaru pada 30 Desember 2020 lalu secara visual, maka jumlah kecamatan yang sedianya 13 kecamatan bertambah menjadi 15 kecamatan baru.

REALITAS TV

Hal ini tertuang melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2019 tentang pembentukan kecamatan, yang saat ini telah terjadi beberapa pemekaran di kecamatan diantaranya dari Kecamatan Tampan dipecah menjadi dua yakni kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tuah Karya dengan ketentuan nama Tampan tidak digunakan lagi.

Sementara untuk nama Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Pesisir akan berganti serta ditambahkan satu kecamatan lagi yakni Kecamatan Rumbai, Kecamatan Rumbai Timur, dan Kecamatan Rumbai Barat.

BACA JUGA :   Hati-Hati: Gibah di Dunia Maya Bisa Dijerat UU ITE

Sedangkan Kecamatan Tenayan Raya akan dibagi menjadi dua yaitu Kecamatan Tenayan Raya dan Kecamatan Kulim.

Namun terkait keselarasan tentang data kependudukan masyarakat yang sampai saat ini masih menggunakan identitas yang lama.

Informasi dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Pekanbaru menyebutkan untuk proses pengajuan perubahan data kependudukan sudah dimulai dari awal tahun 2021.

Sementara itu, Camat Bina Widya Edi Suherman S.Sos, M.Si mengatakan bahwasanya untuk diwilayahnya persiapan perubahan data sebelumnya sudah dikoordinasikan kepada semua jajaran RT/RW dengan dibantu juga oleh pihak Kelurahan setempat.

“Kita sudah melakukan pengecekan langsung kesiapan para lurah-lurah yang ada di kecamatan bina widya dalam mempersiapkan data-data masyarakat yang akan dilakukan perubahan.

BACA JUGA :   Kapolda Dampingi Gubernur Kalteng Tinjau Vaksinasi Masal di Kab Barut

Upaya ini kita lakukan sebagai bentuk antisipasi kita apabila keputusan dan ketetapan dari Ditjen Dukcapil Kemendagri tentang perubahan data,” ujar Camat Edi.

“Secara berkesinambungan kita selalu berharap kepada semua perangkat Kelurahan agar mekanisme perubahan data dapat berjalan dengan maksimal.

Karena sebelumnya kita sudah menunjuk beberapa orang petugas staf untuk melakukan pendataan,” tambahnya.

Camat Edi juga menegaskan kepada seluruh Lurah beserta perangkatnya, terkait pelayanan perubahan data-data kependudukan bagi masyarakat agar nantinya dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Mengingat antusias masyarakat yang menginginkan perubahan data, kami minta kepada seluruh perangkat untuk tidak melakukan pemungutan biaya, karena mekanisme pengurusan sampai sejauh ini masih gratis,” ujar Camat Edi.

BACA JUGA :   Ketua Pokdar Kamtibmas Wilayah Metro Jaya Terima Silaturahmi dari Polda Metro Jaya

Adapun untuk persyaratan dalam mengubah data kependudukan tersebut, Camat Edi menyampaikan bahwasanya kelengkapan berupa foto copy KTP dan KK berkas lama sebanyak 3 (tiga) lembar dan mengisi formulir yang disiapkan nantinya.

“Maka dengan adanya pengumpulan data nantinya, saya harapkan data kependudukan yang dikumpulkan bisa valid, bertujuan agar nantinya kita dapat lebih mengetahui identitas setiap warga yang sudah memiliki KTP dan KK atau belum,” tutup Camat Bina Widya. (Mirza)

UPDATE CORONA