Nadiem Makarim : Dana BOS Untuk Wilayah 3T Boleh Digunakan Untuk Biaya Transportasi

oleh -97.489 views
FOTO : Ilustrasi Siswa Menyebrangi Sungai.

IDUL FITRI

Jakarta I Realitas – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat digunakan secara fleksibel.

Sekolah dapat menggunakan dana BOS sesuai dengan keperluan masing-masing di daerahnya.

REALITAS TV

Menurut Nadiem, ketentuan ini sangat membantu proses pembelajaran di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

“Adanya fleksibilitas dana BOS dan peningkatan yang cukup dramatis untuk daerah daerah 3T, teman-teman kita di sekolah-sekolah, di daerah daerah kepulauan bisa menggunakan dana BOS ini untuk transportasi untuk murid-muridnya dan guru-gurunya,” ucap Nadiem dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/2/2021).

BACA JUGA :   Sebagai Prajurit Profesional, Wanita TNI Juga Memiliki Peran Ganda

Pihak sekolah yang berada di wilayah 3T dapat menggunakan untuk membeli alat transportasi. Nadiem mengatakan di Papua Barat, dana BOS dapat digunakan untuk biaya transportasi antar pulau.

BACA JUGA :   Polisi Berhasil Tangkap Pria Penyekapan Lima Bocah di Tanah Jambo Aye, Aceh Utara

“Salah satu isu utama mereka alat transportasi antar pulau, transportasi bagi anak maupun transportasi guru dan bagaimana mereka bisa menggunakan ini,” ucap Nadiem.

Fleksibilitas yang diberikan, menurut Nadiem, memberikan manfaat yang besar bagi satuan pendidikan dalam menjalankan proses pembelajaran.

Menurut Nadiem, setiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam pembelajaran.

“Jadi ini benar-benar merupakan suatu solusi dari pada kebutuhan masing-masing sekolah di daerah-daerah paling terluar, yang mungkin sangat variatif kebutuhan mereka yang paling urgen,” pungkas Nadiem. (*)

Sumber : Trb

UPDATE CORONA