Musrenbang Kecamatan Payung Sekaki, Usulan Prioritas Diharapkan Dapat Terealisasikan

oleh -170.489 views
Musrenbang

IDUL FITRI

Pekanbaru I Realitas – Musrenbang Kecamatan Payung Sekaki, Usulan Prioritas Diharapkan Dapat Terealisasikan.

Kecamatan Payung Sekaki pada Senin (15/2/2021) menyelenggarakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) kota Pekanbaru pada tahun 2022 mendatang.

REALITAS TV

Dengan tetap mengedepankan Protokol Keasehatan (Prokes), kegiatan musrenbang tersebut berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Payung Sekaki yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru Ginda Burnama beserta anggota DPRD lainnya, Kabid Bina Marga Dinas PUPR, perwakilan Bappeda kota Pekanbaru, Camat Payung Sekaki, Kapolsek Payung Sekaki, Danramil, Ketua LPM Kecamatan, Ketua Forum RT/RW, seluruh Lurah se Kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan para tamu undangan lainnya.

Menurut Camat Payung Sekaki Fauzan S.STP, M.Si sesuai peraturan daerah (perda) No.10 tahun 2019 tentang pembentukan/pemekaran kecamatan baru, untuk pertama kalinya Kecamatan Payung Sekaki melaksanakan melaksanakan musrenbang dengan kondisi minus satu kelurahan yang beralih ke Kecamatan Bina Widya.

BACA JUGA :   Breaking News: Diduga Akibat Pemberitaaan Pemred Media Online di Tembak OTK

“Saat ini kita melakukan musrenbang hanya enam kelurahan, yang mana sebelumnya di kecamatan payung sekaki terdapat tujuh kelurahan. Namun dalam kondisi saat ini kita akan tetap berupaya memperjuangkan aspirasi rencana pembangunan yang sudah dibahas hingga ke tingkat kelurahan tersebut, untuk bisa terealisasikan pada tahun 2022 nanti,” ujar Camat Fauzan.

Pada prinsipnya, Camat Fauzan menyebutkan pelaksanaan musrenbang tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur bagi masyarakat.

“Maka dari itu pelaksanaan musrenbang tersebut kita lakukan selalu melibatkan dan mengikutsertakan berbagai pihak dalam menentukan prioritas kebijakan pembangunan serta berfungsi sebagai komunikasi untuk mencapai kesepakatan bersama,” ujar Camat Payung Sekaki.

“Jadi musrenbang ini dilakukan sesuai usulan-usulan dari tingkatan paling bawah RT dan RW disampaikan ke kelurahan, selanjutnya aspirasi tersebut dihimpun di kecamatan dan terakhir dibahas di tingkat kota,” tambahnya.

Dalam penjelasan Camat tersebut, terdapat berbagai usulan dari setiap kelurahan yang sangat bervariatif sesuai dengan kondisi riil dan kebutuhan dari masyarakat.

BACA JUGA :   8 Warga Pulau Babanyak Terpapar Covid-19 Puskesmas Tutup Sementara

“Ada sekitar total 60 usulan yang masuk, namun telah kita sepakati hanya lima usulan prioritas di setiap kelurahan. Mudah-mudahan ini dapat direalisasikan pada anggaran tahun 2022,” sebutnya.

Untuk diketahui dalam usulan musrenbang yang sudah ditentukan pada tahun 2020 lalu, Camat Fauzan menyebutkan akan dapat pengerjaan pembangunan di tahun 2021 saat ini sebagai langkah konkret menjawab kebutuhan masyarakat.

“Salah satu yaitu pembangunan Jalan Pemuda di Kelurahan Tampan. Dan juga kita berharap realisasi prioritas pembangunan lainnya di tahun ini seperti pembangunan jalan di depan Kantor Kecamatan Payung Sekaki serta pembangunan SD IT/SMP IT di Kelurahan Labuh Baru Timur dan pembangunan MDA di komplek Masjid Al-Ansor di Kelurahan Air Hitam,” ujar Camat Fauzan seraya mengatakan bahwasanya pembangunan fasilitas pendidikan sebagai sarana untuk peningkatan kualitas dan kompetensi bagi generasi-generasi muda.

Pada pelaksanaan musrenbang tahun ini, Camat mengatakan terdapat perbedaan dalam menyampaikan skala prioritas dengan tidak lagi menyebutkan keberadaan lokasi RT/RW yang dimaksud.

BACA JUGA :   IWO Rohul Minta Poldasu Usut Tuntas Penembak Wartawan di Siantar

“Untuk tahun ini kita akan coba membahas prioritas pembangunan dengan sistem menampilkan secara visual, jadi kita minta apa yang menjadi harapan pembangunan bagi masyarakat payung sekaki untuk bisa di video kan, sehingga sama-sama dapat disaksikan ketika penyampaian dalam musrenbang,” urai Camat Fauzan.

Dalam pembicaraan terakhir, Camat Payung Sekaki sangat mengatakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan pemerintah kota Pekanbaru harapannya dengan skala prioritas pembangunan yang sudah dibahas saat ini dapat dianggarkan pada tahun 2022 nanti.

“Maka apabila terealisasi, tentu masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan tersebut. Tentunya dengan kebersamaan dari semua pihak akan lebih mudah mewujudkan rencana-rencana pembangunan kedepannya,” tutup Camat Payung Sekaki Fauzan S.STP, M.Si sembari menyebutkan usulan pada pembangunan fisik menjadi prioritas utama. *(Mirza)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas