Ketua YARA Langsa Minta Polda Aceh Kejati dan BPK RI, Usut Kasus Pengadaan Bimtek, Panitia Coba Suap Wartawan

oleh -232.489 views
Ketua YARA
Foto : Abu Bakar Wartawan RiauKontras yang di coba di suap oleh Ketua (LSM LOPMMI) Eddy Mukhti

IDUL FITRI

Langsa  I Realitas – Ketua YARA Langsa Minta Polda Aceh, Kejati dan BPK RI Usut Kasus Pengadaan Bimtek, Panitia Coba Suap Wartawan.

Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwkilan Langsa H A Muthallib Ibr, SE,.SH,.M.Si,. M.Kn, mintak pihak terkait untuk segera usut tuntas pengadaan Bimtek yang dilakukan oleh LSM LOPMMI di Banda Aceh.

REALITAS TV

Karena sudah diberitakan oleh beberapa media akhinya panitia mencoba melakukan penyuapan terhadap salah seorang Wartawan di Kota Langsa, ini harus segera usut tuntas, ujar H Thallib kepada awak Media di Langsa, Sabtu (20/20/2021).

Penegak hukum harus gerak cepat melakukan penyelidikan kasus bimtek ini yang dilakukan oleh pihak ketiģa di salah satu hotel di Banda Aceh, yang menghabiskan uang negara mencapai milyaran rupiah, dari 5 Kecamatan di Pemko Langsa Provinsi, ujar H Thallib yang juga Dosen Fakultas Hukum Unsam.

BACA JUGA :   LASKAR : LSM Sejati Jangan Tebar Hoax, Belajar Jika Tidak Tau Aturan

Seperti yang di beritakan oleh ” Metrorakyat.com, salah satu media online oknum panitia Bimtek yang melakukan penyuapan Wartawan di Langsa.

Kegiatan Bimtek yang di selenggarakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Lembaga Madani Indonesia (LSM LOPMMI) yang merupakan pihak ketiga di sesalkan oleh banyak pihak dan menjadi sorotan media. Pasalnya, telah melanggar Permendesa PDTT Nomor 13 tahun 2020 tentang Swakelola dana desa dimasa Pandemi Covid-19, di ketahui juga diduga ada penyuapan terhadap wartawan.

Acara tersebut di ikuti Seratusan aparatur Desa (Gampong) dari lima Kecamatan dalam wilayah Pemko Langsa, Aceh mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) ke Banda Aceh beberapa hari yang lalu.

Atas sorotan dan di beritakan oleh salah satu media online RiauKontras, berkali – kali karena Bimtek melanggar Permendesa, membuat pelaksana kegiatan LSM LOPMMI atas nama Eddy Mukhti juga seorang ASN di Pemerintahan Pemko Langsa. Mengajak Wartawan tersebut untuk bertemu.

” Dan terjadilah pertemuan antara Eddy Mukhti (Ketua LSM LOPMMI) dengan Wartawan RiauKontras bernama Abu Bakar di salah satu Cafe di jalan Iskandar Muda (Toko Belakang).

Dalam pertemuan tersebut Eddy Mukhti di duga Suap Abu Bakar (Wartawan) dengan menyodorkan uang sebesar Rp.200 ribu, sambil mengatakan bagi – bagi rezeki,” kata Abu Bakar membenarkan kejadian tersebut, Jum’at (19/02/2021).

BACA JUGA :   Polda Banten Ungkap Pelaku Home Industri Tembakau Sintetis

” Pada saat itu Abu Bakar selaku Wartawan menolak menerima uang yang di berikan oleh Eddy Mukhti (Ketua LSM LOPMMI) yang di anggap ingin menyuap (menyogok) dirinya terkait selama ini atas pemberitaan yang di publikasikan tentang di selenggarakan Bimtek melanggar aturan itu.

Sementara itu Eddy Mukhti saat di konfirmasi melalui WhatsApp oleh Metrorakyat.com meminta tanggapan di duga dirinya ingin menyuap (menyogok) wartawan mengatakan agar awak media menanyakan langsung kepada Abu Bakar.

“Tanyak aja sama si Abu Bakar,” tulis Eddy Mukhti yang di kirimkan melalui WhatsApp. (*)

UPDATE CORONA

Tentang Penulis: Editor Rahmad Wahyudi

Gambar Gravatar
Rahmad Wahyudi Adalah Wartawan di Media Realitas